Habis Vaksin Booster COVID-19 Boleh Minum Es dan Air Kelapa?

Habis Vaksin Booster COVID-19 Boleh Minum Es dan Air Kelapa?

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 14 Jan 2022 22:10 WIB
ilustrasi es batu
Habis Vaksin Booster COVID-19 Boleh Minum Es dan Air Kelapa? Foto: ThinkStock
Jakarta -

Apakah habis vaksin booster COVID-19 boleh minum es dan air kelapa? Pertanyaan ini hanya salah satu dari sekian kekhawatiran yang sering ditanyakan setelah melakukan vaksin booster COVID-19. Ini penjelasannya.

Setelah vaksin kalian boleh minum es. Hal ini tidak akan memberi dampak yang berbahaya pada efektivitas vaksin, termasuk vaksin booster COVID-19.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO, melalui situs resminya, telah menjelaskan bahwa tidak ada makanan atau minuman tertentu yang dilarang setelah vaksinasi, dalam hal ini terutama vaksin COVID-19.

WHO menegaskan hal ini, karena kinerja vaksin tidak akan terpengaruh oleh asupan makanan atau minuman. Jadi, selama tubuh terasa tetap fit, silakan saja mengonsumsi makanan ataupun minuman yang dingin.

Demikian juga dengan air kelapa. Beredar informasi bahwa meminum air kelapa setelah vaksinasi dapat membantu meredakan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Dikutip dari situs Covid19.go.id, Jumat (14/1/2022) pernyataan yang menyebutkan air kelapa bisa menetralkan vaksin adalah klaim yang salah.

Menurut juru bicara program vaksinasi COVID-19 dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucia Rizka Andalusia, vaksin COVID-19 tidak mengandung racun. Hal ini dikarenakan, virus yang ada dalam vaksin sudah dimatikan dan dapat merangsang pembentukan antibodi.

Selain itu, Lucia mengungkapkan bahwa antara vaksin dan air kelapa tidak akan berhubungan, hal ini dikarenakan vaksin disuntikkan sehingga masuk ke otot lengan sedangkan air kelapa akan masuk ke lambung.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Ahli Gizi KONI DKI Jakarta Irtya Qiyamulail, memberikan penjelasan serupa bahwa vaksin COVID-19 tidak mengandung racun sehingga tidak perlu dinetralisir.

"Isi dari vaksin COVID-19 adalah virus yang sudah dimatikan, alumunium hidroksida untuk meningkatkan kemampuan vaksin, fosfat sebagai stabilizer, dan natrium klorida sebagai isotonis. Dari sini bisa dilihat bahwa tidak ada kandungan racun yang perlu dinetralisir ataupun dikhawatirkan seperti apa yang disampaikan pada klaim yang beredar," jelasnya.

Adapun fungsi dari air kelapa sendiri, menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma dr. Helmin Agustina Silalahi, tidak ada bukti penelitian yang membuktikan air kelapa dapat menetralkan racun.



Simak Video "Kiat-kiat Mengatasi KIPI Usai Vaksinasi Booster Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)