Vaksin Booster Gratis, Apa Saja?

ADVERTISEMENT

Vaksin Booster Gratis, Apa Saja?

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 11 Jan 2022 17:47 WIB
senior woman show red heart shape with syringe icon,  after vaccinated or inoculation  booster dose  due to spread of corona virus, population, social or herd immunity concept
Vaksin Booster Gratis, Apa Saja? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ratana21)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan vaksinasi booster COVID-19 gratis dan akan dimulai Rabu (12/1). Lansia dan kelompok rentan yang sudah divaksinasi lengkap menjadi prioritas penerima vaksin booster gratis ini.

"Pada tanggal 12 Januari pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas lansia dan kelompok rentan. Hal ini penting untuk meningkatkan kekebalan masyarakat, mengingat virus COVID-19 yang terus bermutasi," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers Selasa (11/1/2022).

"Untuk itu saya telah memutuskan pemberian vaksin COVID-19 ketiga ini gratis untuk masyarakat Indonesia, karena sekali lagi keselamatan rakyat adalah yang utama," sambungnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) secara resmi memberikan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (UEA) kepada lima merek vaksin sebagai dosis booster atau lanjutan di Indonesia. Kelima vaksin booster gratis tersebut adalah:

1. CoronaVac atau Vaksin COVID-19 Bio Farma
2. Comirnaty dari Pfizer
3. Vaxzevria dan Kconecavac dari AstraZeneca
4. Moderna
5. Zifivax

"Persetujuan vaksin booster tersebut didasarkan pada data imunogenisitas dari hasil pengamatan uji klinik terkini yang menunjukkan adanya penurunan kadar antibodi yang signifikan terjadi setelah 6 bulan pemberian vaksin primer," jelas Kepala Badan POM, Penny K Lukito dalam Konferensi Pers Vaksin COVID-19 Booster pada Senin (10/1).

Penny menguraikan, program vaksinasi sudah dilakukan sejak Januari 2021, sehingga diperlukan pemberian vaksinasi booster untuk mempertahankan imunogenitas vaksin terhadap infeksi COVID-19.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Penumpang Pesawat Domestik Enggak Perlu Tes Antigen-PCR, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT