Misteri Struktur Aneh di Kedalaman Bumi Terkuak

ADVERTISEMENT

Misteri Struktur Aneh di Kedalaman Bumi Terkuak

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 10 Jan 2022 22:37 WIB
inti Bumi
Ilustrasi inti Bumi. Foto: Express.co.uk
Jakarta -

Terdapat struktur misterius dan super padat yang terletak di luar inti Bumi. Dalam penelitian terbaru, ilmuwan mungkin telah menemukan dari mana asal struktur tersebut.

Dikutip detikINET dari Live Science, Senin (10/1/2022) struktur itu dikenal dengan nama ultralow-velocity zones (ULVZs). Disebut demikian karena gelombang seismik yang dihasilkan oleh gempa Bumi akan berjalan 50% lebih lambat melalui struktur itu dibandingkan mantel di sekelilingnya.

Itu artinya, ULVZs jauh lebih padat dibandingkan mantel Bumi dan mungkin juga terbuat dari elemen yang lebih berat.

Sulit mengetahui dengan pasti struktur ini, karena letaknya hampir 2.900 kilometer di bawah Bumi. Satu struktur terletak di bawah Afrika dan lainnya di lautan Pasifik.

Nah dalam riset terbaru menggunakan permodelan komputer dan observasi seismik dari dalam Bumi, ilmuwan mungkin memecahkan misterinya. Dipublikasikan di jurnal Nature Geoscience, disimpulkan bahwa struktur itu terdiri dari beberapa lapisan dari material berbeda.

"Penemuan paling mengejutkan adalah UVLZs tidak homogen tapi mengandung variasi komposisi dan struktural yang kuat," kata pemimpin studi ini, Surya Pachhai.

Mereka pun mengajukan teori bahwa semuanya bermula lebih dari 4 miliar tahun silam, ketika pertama kalinya kerak bebatuan Bumi terbentuk. Elemen berat seperti besi masuk ke dalam inti Bumi sedangkan elemen ringan seperti silikon berada di mantel.

Hal itu menjadi tidak beraturan lagi karena planet seukuran Mars yang bernama Theia menabrak Bumi masa awal itu, yang menyebabkan puing-puing besar terlontar sampai orbit Bumi yang mungkin juga membantu terbentuknya Bulan.

Suhu Bumi pun melonjak dan menciptakan lautan magma besar. Bermacam bebatuan, gas dan kristal yang terbentuk dalam tabrakan menyebar di lautan magma itu.

Selama miliaran tahun kemudian, material yang lebih berat masuk ke bawah mantel, diikuti yang lebih ringan, yang pada akhirnya menciptakan struktur padat besi dan elemen lainnya. Lapisan ini kemudian terpisah pisah menjadi lebih kecil menjadi apa yang dikenal sebagai ULVz di inti Bumi tersebut.



Simak Video "Meksiko Diguncang Gempa M 7,6, Warga Berhamburan!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT