Zonk! Objek 'Rumah Misterius' yang Ditemukan China di Bulan Ternyata Cuma Batu

Zonk! Objek 'Rumah Misterius' yang Ditemukan China di Bulan Ternyata Cuma Batu

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 10 Jan 2022 05:45 WIB
Objek misterius di Bulan yang ditemukan rover China ternyata hanya batu
Zonk! Objek 'Rumah Misterius' yang Ditemukan China di Bulan Ternyata Cuma Batu Foto: dok. CNSA/Our Space
Jakarta -

Bulan lalu, badan antariksa China sempat membuat heboh setelah mengklaim menemukan objek 'rumah misterius' di sisi terjauh Bulan. Ternyata setelah didekati objek misterius itu hanya sebuah batu.

Objek tersebut pertama kali ditangkap oleh kamera rover Yutu-2 pada awal bulan Desember saat menjelajahi kawah Von Karman di Kutub Selatan Bulan. Karena hasil foto yang blur dan sudut pandang yang terbatas, objek tersebut terlihat seperti gubuk yang berbentuk kubus.

Bentuknya yang simetris dengan bagian atas yang datar membuat program Our Space yang merupakan bagian dari China National Space Administration berkelakar bahwa objek ini merupakan gubuk tempat pionir alien.



Kontrol misi kemudian memutuskan untuk mendekati objek tersebut, dan mengirimkan rover Yutu-2 dalam perjalanan sejauh 100 meter. Sebulan kemudian, rover tersebut akhirnya berhasil mendekati objek misterius itu dan mengirimkan foto terbarunya ke Bumi.

Ternyata objek misterius itu hanya sebuah batu yang ukurannya tidak begiru besar. Uniknya, batu itu sekilas mirip seekor kelinci yang sedang menunduk dengan dua batu kecil di depannya yang mirip seperti wortel.

Oleh Our Space, batu tersebut dinamai 'jade rabbit' atau kelinci giok. Mengingat nama Yutu-2 jika diterjemahkan adalah kelinci giok, sepertinya rover ini baru saja menemukan maskotnya di Bulan.

Menurut Andrew Jones, seorang jurnalis yang mengikuti program luar angkasa China, penemuan ini merupakan sesuatu yang sangat mengecewakan tapi juga brilian.

"Permukaan Bulan terdiri dari 38 juta kilometer persegi bebatuan, jadi secara astronomis akan luar biasa jika temuan itu menjadi sesuatu yang lain," kata Jones dalam cuitannya di Twitter, seperti dikutip dari LiveScience, Minggu (9/1/2022).

"Tapi meski kecil, batu kelinci giok/玉兔 juga akan menjadi kekecewaan yang monumental bagi sebagian orang," sambungnya.

Setelah menemukan objek misterius ini, Yutu-2 akan melanjutkan misinya di Bulan untuk mengelilingi kawah Von Karman yang luasnya mencapai 186 km. Rover ini sudah berada di Bulan sejak tahun 2019 dan diluncurkan bersama misi Chang'e-4 untuk meneliti sisi terjauh Bulan yang tidak menghadap Bumi.

Yutu-2 bekerja mengandalkan panel surya, jadi kadang-kadang rover ini memasuki masa hibernasi sampai melihat matahari lagi. Karena itu rover ini membutuhkan waktu sampai satu bulan hanya untuk menempuh perjalanan 100 meter.



Simak Video "Robot Penjelajah Zhurong China Abadikan 4 Foto Kondisi Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)