China Temukan Objek 'Rumah Misterius' di Sisi Terjauh Bulan

China Temukan Objek 'Rumah Misterius' di Sisi Terjauh Bulan

- detikInet
Minggu, 05 Des 2021 08:47 WIB
Foto sisi terjauh Bulan yang menampakkan Bumi bulat di belakangnya.
China Temukan Objek 'Rumah Misterius' di Sisi Terjauh Bulan. Foto: Dwingeloo Radio Telescope
Jakarta -

Betapa kagetnya China National Space Administration (CNSA) saat mengeksplorasi sisi Bulan terjauh, tampak ada objek misterius berbentuk seperti 'rumah'.

Hal itu diketahui oleh Yutu-2, robot penjelajah yang saat ini di daratan sisi terjauh Bulan sejak tahun 2019. Posisi objek misterius itu berbentuk kubus yang tampak aneh terlihat dari kejauhan.

Sebagaimana dikutip dari Cnet, Sabtu (4/12/2021) Andrew seorang jurnalis yang mengikuti program antariksa China menyebutkan bahwa objek tersebut berjarak 80 meter dari Yutu-2, tepatnya di sekitar kawah Von Karnam.

Disampaikan Jones bahwa CNSA menyebut objek yang dilihat itu dengan 'rumah misteri'. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Yutu-2 berupaya mendekatinya dalam 2-3 hari ke depan.



Dugaan awal, objek yang 'rumah misteri' itu adalah batu besar. Namun karena bentuknya kubus dari kejauhan itu yang jadi bikin penasaran China untuk menyelidikinya.

Yutu-2 merupakan bagian dari misi Chang'e-4 sebuah eksplorasi permukaan sisi terjauh Bulan. Sisi terjauh Bulan ini yang akan membantu ilmuwan mempelajari tentang apa yang terjadi dengan satelit alami Bumi tersebut.

Untuk diketahui, China memiliki dua robot yang ditempatkan di Bulan. Selain Chang'e-4, ada juga rover Yutu-2 yang menemaninya. Kedua robot ini mulai kembali bekerja menangkap citra di area sisi terjauh Bulan pada 18-19 Januari 2020.

Misi Chang'e 4 nantinya akan diikuti dengan misi Chang'e 5 yang akan menjadi babak final dari program Chang'e CNSA. Chang'e 5 mencakup robot penjelajah yang mengumpulkan sampel dan membawanya ke Bumi. Perolehan sampel ini akan menjadi yang pertama untuk China dan program luar angkasanya.

Sementara itu, Yutu-2 akan menggelar investasi sains mendalam di sisi gelap Bulan dengan membawa peralatan sains yang bisa menganalisa permukaan dan di bawah permukaan kawah Von Karnam dan South Pole-Aitken Basin.



Simak Video "China Ungkap Hasil Deteksi Air di Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)