Pulang dari Luar Angkasa, Miliarder Jepang Jadi Terobsesi dengan Bumi

Pulang dari Luar Angkasa, Miliarder Jepang Jadi Terobsesi dengan Bumi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 09 Jan 2022 13:30 WIB
Miliarder Jepang Yusaku Maezawa bakal pergi ke antariksa pada Desember mendatang. Ia lebih dulu berlatih untuk beradaptasi dengan kondisi di luar angkasa.
Pulang dari ISS, Miliarder Jepang Jadi Terobsesi dengan Bumi Foto: Shamil Zhumatov/Pool Photo via AP
Jakarta -

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa baru saja tiba di negara asalnya setelah menghabiskan 12 hari di luar angkasa bulan lalu. Pendiri toko online Zozo itu mengaku terbang ke luar angkasa bukan sesuatu yang menakutkan.

Maezawa menjadi turis antariksa pertama yang mengunjungi International Space Station (ISS) dalam lebih dari satu dekade. Pria berusia 46 tahun itu juga sedang bersiap untuk terbang mengelilingi Bulan bersama SpaceX pada tahun 2023.

Kepada wartawan, Maezawa mengaku terbang ke luar angkasa tidak begitu menakutkan jika dibandingkan dengan naik rollercoaster. Ia juga mengatakan jadi lebih terobsesi dengan Bumi setelah perjalanannya.

"Ketika kalian ke luar angkasa, kalian menjadi terobsesi dengan Bumi.Kalian bersyukur memiliki angin, memiliki bau, memiliki musim," kata Maezawa, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (9/1/2022).

Selama di luar angkasa, Maezawa membagikan pengalamannya sehari-hari lewat media sosial. Mulai dari menunjukkan cara buang air kecil di stasiun luar angkasa, menunjukkan cara membuat teh, sampai membicarakan kehabisan pakaian dalam.

Maezawa terbang dan kembali ke Bumi menggunakan roket dan kapsul Soyuz buatan Rusia. Selama perjalanan menuju orbit, ia mengaku tidak pernah merasa takut.

"Saat peluncuran saya bisa menikmati pengalamannya. Saya merasa seolah-olah itu adalah awal dari kereta Shinkansen dari stasiun, itu sangat mulus. Saya baru merasakan (peluncuran) ketika melihat ke luar jendela," ucapnya.

Maezawa menjadi miliarder setelah menjual bisnis fashion online-nya Zozo ke Softbank pada tahun 2019. Ia akan menjadi penumpang private pertama yang terbang ke Bulan menggunakan roket Starship buatan SpaceX.

Perjalanan yang bertajuk Dear Moon itu dijadwalkan terbang pada tahun 2023. Sebagai pencinta seni, Maezawa akan mengundang delapan seniman untuk menemainya dalam perjalanan tersebut.

Meski sudah berencana ke Bulan, Maezawa mengaku sangat terpana melihat Bumi dari orbit yang menurutnya 100 kali lebih indah dari yang ada di foto. Saat melihat Bumi dari luar angkasa, Maezawa juga memiliki ide yang nyeleneh.

"Kalian mulai berpikir tentang pemimpin dunia berkumpul di luar angkasa. Tentu saja, saya tidak cukup berpengaruh untuk mewujudkannya. Tapi jika berhasil, dunia mungkin akan jadi tempat yang lebih baik untuk dihuni," pungkasnya.



Simak Video "Persiapan Astronaut NASA untuk Peluncuran Susunan Surya di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)