Perkiraan Durasi Manusia Bertahan di 7 Planet Lain Tanpa Baju Astronaut

Perkiraan Durasi Manusia Bertahan di 7 Planet Lain Tanpa Baju Astronaut

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 08 Jan 2022 06:55 WIB
gerhana bulan dan planet tata surya
Perkiraan Durasi Manusia Bertahan di 7 Planet Lain Tanpa Baju Astronaut. Foto: NASA
Jakarta -

Di tata surya kita, hanya Bumi yang bisa manusia tempati dengan aman tanpa harus memakai baju astronaut. Kalau di-7 planet lainnya di Galaksi Bima Sakti, berapa lama manusia dapat bertahan hidup?

Pertanyaan itu menjadi hal yang wajar mengingat sebagian orang termotivasi untuk membangun kolonisasi di planet lain semisal yang dilakukan Elon Musk. CEO SpaceX ini bersikeras untuk membangun peradaban di Planet Merah, Mars.

Untuk menjawabnya, dilansir Seeker, berikut ini adalah perkiraannya:

1. Merkurius

Terdekat dengan Matahari, tetapi tidak menjadikannya yang terpanas. Diperkirakan, Merkurius memiliki satu sisi yang panas dan sisi lainnya yang membeku. Ditambah, planet ini rotasinya sangat lambat dimana sekitar 176 hari Bumi sama dengan satu siklus malam hari di Merkurius. Karenanya, kemungkinan kamu hanya bisa bertahan sekitar dua menit karena terbakar atau membeku.

2. Venus

Karena tebal akan karbon dioksida, panas Matahari terperangkap dan membuat permukaan Planet Venus bertemperatur 470 derajat Celsius. Kurang dari sedetik, kamu mungkin sudah tidak bisa bertahan hidup.

3. Mars

Rumah impian masa depan manusia Bumi, Mars, ternyata tidak seindah bayangannya jika tidak didukung bantuan bertahan diri. Debu silikat Mars akan mulai mengisi paru-paru dan dalam waktu sekitar dua menit, tekanan atmosfer Mars yang rendah akan menyebabkan organ pecah. Ini bisa mengakibatkan kematian yang cepat namun menyakitkan.

4. Jupiter

Memang indah untuk dilihat, tapi kalau untuk ditinggali... jangan pernah coba-coba. Sejauh ini diketahui bahwa Jupiter tidak punya permukaan dan badannya terdiri dari lapisan mirip awan dengan komposisi sebagian besar hidrogen dan helium. Makin dalam masuk ke Jupiter, tekanan akan semakin tinggi dan kamu akan mati dalam waktu kurang dari sedetik.

5. Saturnus

Cincin Saturnus mungkin pernah membuat kamu mengkhayal bagaimana rasanya terbang ke sana dan berseluncur di atasnya. Sayangnya, itu hanya hal yang cocok jadi imajinasi saja. Mirip Jupiter, Saturnus kemungkinan tidak memiliki permukaan dan hanya berupa gas. Itu artinya, manusia hanya bisa bertahan sedetik di sana.

6. Uranus dan Neptunus

Dua planet ini bisa dibilang adalah raksasa es yang sebagian besar terdiri dari cairan yang berputar-putar. Ada juga gas metana di atmosfernya, yang akan menyebabkan seseorang mati lemas bila coba-coba membangun kehidupan di sana. Selain gas beracun, suhu ekstrem di kedua planet akan berkontribusi pada kematian yang hampir instan.



Simak Video "Kalau Wisata ke Planet Mars, Destinasinya Kemana Aja Ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)