Apa Itu PCR SGTF untuk Deteksi Ashanty yang Positif COVID-19

Apa Itu PCR SGTF untuk Deteksi Ashanty yang Positif COVID-19

ADVERTISEMENT

Apa Itu PCR SGTF untuk Deteksi Ashanty yang Positif COVID-19

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 07 Jan 2022 13:50 WIB
Ashanty karantina
Apa Itu PCR SGTF, Tes yang Bisa Deteksi Varian Omicron. Foto: dok. Instagram Story Ashanty
Jakarta -

Penyanyi sekaligus istri Anang Hermansyah, Ashanty, dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani tes PCR SGTF. Pencarian tentang apa itu PCR SGTF dan apakah benar bisa mendeteksi varian omicron semakin banyak dilakukan netizen setelah itu.

Di tengah peningkatan kekhawatiran tentang varian Omicron, ilmuwan menciptakan metode deteksi baru yaitu PCR SGTF. PCR SGTF adalah sekuensing genom sampel positif menggunakan kit RT-PCR yang menggunakan strategi 'S' Gene Target Failure (SGTF) untuk mendeteksi varian. Mengutip New Indian Express, Jumat (7/1/2021) Krishna Khairnar salah satu peneliti bidang diagnosis COVID-19 di India mengatakan tes ini menarget beragam gen dari virus sehingga akan ada banyak varian yang bisa diungkap.

Dalam kasus varian Omicron, gen 'S' tidak terdeteksi dalam uji RT-PCR Thermofisher karena mutasi pada gen, sedangkan target gen lain seperti gen ORF dan gen N terdeteksi.

"Kejadiannya disebut sebagai kasus positif 'S' Gene Target Failure (SGTF). Sampel tersebut dapat diduga dilaporkan sebagai Omicron positif," jelas Khairnar.

Lebih lanjut Khairnar menginformasikan bahwa strategi SGTF berfokus pada pengambilan sampel positif yang hasil uji RT-PCR menunjukkan hasil gen 'S' negatif, tetapi gen ORF dan N positif. Strategi SGTF akan berfungsi sebagai semacam deteksi dini pada tahap RT-PCR. Dengan begitu, Khairnar yakin ini akan membantu dalam penyaringan sampel positif COVID-19 varian Omicron.

Kendati demikian, baik RT-PCR yang diikuti oleh sekuensing genom akan membantu deteksi dini kasus Omicron, menurutnya.

Sebelumnya, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID-19 Hery Trianto memastikan Ashanty positif COVID-19 melalui tes S-gene target failure (SGTF). Tes SGTF umumnya dipakai untuk menunjukkan indikasi atau kemungkinan terpapar COVID-19 varian Omicron.



Simak Video "Kasus Covid-19 Omicron XBB di Indonesia Naik!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT