Nah Loh, Antartika yang Terisolasi Akhirnya Ada COVID-19

Nah Loh, Antartika yang Terisolasi Akhirnya Ada COVID-19

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 06 Jan 2022 06:13 WIB
Antartika dilaporkan menjadi satu-satunya benua yang tidak memiliki kasus infeksi virus Corona. Dan para penduduk akan berjuang untuk tetep seperti itu.
Foto: Robert Taylor/British Antarctic Survey via AP
Jakarta -

Para peneliti kutub di Antartika telah tertular virus Corona. Tidak diketahui bagaimana para peneliti yang sudah divaksinasi penuh dan tinggal terisolasi dari peradaban ini tertular dan terjangkiti

Dikutip dari BBC, setidaknya 16 dari 25 staf yang bertugas di stasiun penelitian Belgium's Princess Elisabeth Polar Station telah tertular virus SARS-CoV-2.

Penyakit itu menjangkiti meski semua staf melewati sejumlah tes PCR, dikarantina dan tinggal di salah satu tempat paling terpencil di dunia. Sebanyak 25 peneliti dilaporkan telah divaksinasi penuh dan satu orang sudah mendapat suntikan booster.

Sebelum berangkat ke stasiun penelitian, mereka menjalani tes PCR di Belgia dua jam sebelum terbang ke Afrika Selatan. Di Cape Town mereka dikarantina selama 10 hari dan menjalani tes PCR lagi. Tes lebih lanjut diperlukan saat akan berangkat ke Antartika, dan mereka masih melakukan tes terakhir lima hari setelah itu.

Satu orang dinyatakan positif tujuh hari setelah tiba di stasiun pada 14 Desember. Orang tersebut ditempatkan dalam isolasi, namun hasil tes mengungkapkan dua orang lainnya telah tertular virus.

Ketiganya segera meninggalkan stasiun pada 23 Desember, namun virus terus menyebar. Diduga, ini adalah varian Omicron karena diketahui varian ini menyebabkan 99% infeksi di Afrika Selatan.

Di stasiun penelitian tersebut ada dua dokter darurat. Mereka tidak mengizinkan adanya pendatang baru sampai virus dipastikan menghilang dan seisi stasiun beserta penghuninya "bersih" dari COVID-19.



Simak Video "Studi AS: Virus Covid-19 Mampu Menyerang Pusat Kognitif Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)