Penampakan Jejak Dinosaurus Langka Berusia 200 Juta Tahun

Penampakan Jejak Dinosaurus Langka Berusia 200 Juta Tahun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 01 Jan 2022 22:15 WIB
Jejak dinosaurus
Jejak dinosaurus berusia 200 juta tahun. Foto: Sky News
London -

Beberapa waktu lampau, ditemukan jejak dinosaurus di wilayah South Wales, Inggris Raya. Setelah dilakukan penelitian intensif, ilmuwan meyakini usia jejak binatang purba itu mencapai 200 tahun.

Pakar paleontologi di Natural History Musem yang merisetnya beberapa lama, meyakini bahwa jejak kaki itu ditinggalkan oleh dinosaurus jenis sauropod aatu prosauropod awal dari zaman Triassic.

Seperti dikutip detikINET dari Sky News, jejak tersebut ditemukan di pantai area Penarth oleh seorang ilmuwan amatir bernama Kerry Rees pada tahun 2020, yang kemudian melaporkannya ke Natural History Museum.

Awalnya sempat merasa skeptis karena banyaknya laporan semacam itu, Dr Ssusannah Maidment dan Profesor Paul Barret akhirnya memutuskan untuk menelitinya dan sekarang percaya jejak itu berasal dari dinosaurus masa awal.

"Kami mendapat banyak laporan dari warga untuk sesuatu yang dinilai kemungkinan adalah jejak masa silam, akan tetapi banyak di antaranya hanya profil biologi yang dengan mudah hanya kelihatannya saja seperti jejak kaki," kata sang profesor.

Namun dari foto yang dikirimkan oleh penemunya, ia memutuskan untuk memeriksanya karena tampak cukup meyakinkan dan benarlah bahwa itu merupakan jejak dinosaurus dari masa ratusan juta tahun yang lalu.

Diperkirakan, jejak ini berasal dari sang dinosaurus yang di masa hidupnya sedang berjalan dengan aktif. Menurut Paul, jejak semacam ini termasuk hal yang langka ditemukan di seluruh dunia.

"Tipe jejak dinosaurus semacam itu adalah tidak umum di seluruh dunia, jadi kami percaya hal ini merupakan tambahan ilmu yang menarik terhadap pengetahuan kita mengenai kehidupan masa Triassic di Inggris," tambah dia.



Simak Video "Spesies Baru Dinosaurus Berhasil Ditemukan Ilmuwan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)