Santa Claus dalam Sains, Seberapa Cepat Kemampuannya Membagi Kado?

Santa Claus dalam Sains, Seberapa Cepat Kemampuannya Membagi Kado?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 25 Des 2021 12:04 WIB
Santa giving Caucasian boy Christmas gift
Santa Claus dalam Sains, Seberapa Cepat Kemampuannya Membagi Kado? Foto: Getty Images
Jakarta -

Santa Claus ditunggu-tunggu khususnya anak-anak yang percaya akan keberadaannya. Secara sains, ternyata hitung-hitungan terkait Santa Claus yang sangat menarik untuk dibahas.

Mengutip Tower Press, para ilmuwan yang menganalisis Santa Claus dari kacamata sains setuju bahwa dia biasanya memiliki waktu sekitar 32 jam untuk mengirimkan hadiah kepada anak-anak di seluruh dunia. Dimulai dari lokasi Selandia Baru dan Australia, Santa Claus bekerja di seluruh dunia sampai akhirnya menyelesaikan perjalanan pemberian hadiahnya di Alaska, Hawaii, dan tempat lain di Samudra Pasifik Barat.

Tetapi hitungannya bisa jadi beda jika dia membatasi pemberian hadiahnya kepada anak-anak antara usia 0 sampai 14 tahun. Dia masih harus mengunjungi rumah sekitar 1,93 miliar anak pada malam Natal. Namun, jumlah ini bisa dikurangi hingga 30%, jika ia membatasi kunjungannya hanya kepada anak-anak yang merayakan Natal.

Untuk mengunjungi rumah lebih dari 600 juta anak dalam kurun waktu 32 jam berarti Santa Claus harus melakukan perjalanan dengan kecepatan yang menakjubkan ke seluruh dunia. Ilmuwan berteori bahwa dia mengalami sesuatu yang disebut dilatasi waktu (time dilation) yang merupakan fenomena di mana waktu melambat untuk suatu objek semakin cepat ia bergerak.

Dengan kata lain, para ilmuwan memperkirakan Santa Claus bergerak sangat cepat sehingga waktu benar-benar melambat baginya. Karena waktu melambat, dia punya lebih banyak waktu untuk mengirimkan hadiah

Pelebaran waktu juga berarti Sinterklas menua lebih lambat dari orang pada umumnya. Itu berarti, Santa Claus juga berumur panjang, hoho!

Pada saat yang sama, para ilmuwan berteori bahwa Santa Claus mengalami fenomena yang disebut kontraksi waktu. Dengan kontraksi waktu, ukuran suatu benda berkurang semakin cepat ia bergerak.

Berapa berat kado yang dibawa Santa Claus?

Santa Claus perlu melakukan perjalanan dengan kecepatan lebih dari 10,7 juta kilometer per jam atau 1.800 mil per detik. Kecepatan ini tentunya tidak memperhitungkan pit stop yang harus dilakukannya untuk misalnya... menggunakan kamar kecil atau untuk beristirahat dan memberi makan rusa kutubnya.

Ilmuwan yang telah memikirkan logistik Santa pun menaruh perhatian pada berat kereta luncur yang dibawa Santa. Berat sekali! Kereta luncurnya diperkirakan memiliki berat sekitar 1,232 juta ton setelah terisi penuh dengan semua mainan yang akan dia angkut setiap tahun.

Bobot ini sudah termasuk memperhitungkan berat Santa serta bobot Dasher, Dancer, dan sisa rusa kutubnya, yang masing-masing mungkin memiliki berat sekitar 600 pounds (272 kg).



Simak Video "Kala Santa Claus 'Blusukan' ke Sungai Amazon, Bagi Hadiah Buat Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)