Fenomena Alam Langka Kabut Pelangi Tertangkap Kamera

Fenomena Alam Langka Kabut Pelangi Tertangkap Kamera

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 22 Des 2021 21:46 WIB
fogbow
Fenomena Langka Fogbow Tertangkap Kamera. Foto: Mirror
Jakarta -

Peristiwa cuaca langka yang dikenal sebagai fogbow (kabut pelangi) mengejutkan warga Inggris saat terbentuk di atas langit pada akhir pekan lalu. Beruntungnya, fenomena ini juga terabadikan oleh kamera.

Saat peristiwa terjadi, pengunjung pantai timur Inggris disuguhi langit bersih yang terbelah oleh kepulan asap tak berwarna yang membumbung di atas kepala.

"Pada hari Sabtu (18/12), awan rendah dan kabut menipis di sepanjang bagian pantai kami, memungkinkan Matahari menerobos, sementara kabut tetap ada di pedalaman. Ini menciptakan kondisi ideal untuk fogbow," kata peramal cuaca BBC Dan Holley, dikutip dari Mirror seperti dilansir Rabu (22/12/2021).

Mereka tercengang melihat fenomena tak biasa ini, kemudian mengabadikannya dan membagikan gambar fogbow di media sosial. Penampakan fogbow tampak di langit di lepas pantai Norfolk, Suffolk, dan Essex.

Fogbow mirip dengan pelangi. Fenomena ini terbentuk dari proses pembiasan dan refleksi yang sama yang menciptakan pelangi, tetapi dibentuk oleh tetesan air dalam kabut atau awan, bukan tetesan hujan.

Tetesan air ini jauh lebih kecil daripada tetesan air hujan, hampir selalu berdiameter kurang dari 0,1 mm. Karena tetesan air kecil, fogbow sebagian besar tampak putih, dengan tepi luar merah dan tepi dalam biru.

Berbeda dengan pelangi yang tampak warna-warni, fogbow muncul dalam wujud busur dalam kabut, sesuai namanya yang jika diterjemahkan dari bahasa Inggris berarti busur kabut. Fenomena ini juga kadang disebut sebagai pelangi putih.

Serentetan penampakan fogbow serupa pernah terjadi pada tahun 2017, ketika fenomena itu terlihat di atas langit dataran tinggi Skotlandia.





Simak Video "Penampakan Fenomena Waterspout di Perairan Utara Bali "
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)