Fotografer Ini Jepret Foto Matahari Paling Detail

ADVERTISEMENT

Fotografer Ini Jepret Foto Matahari Paling Detail

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 08 Des 2021 07:15 WIB
Matahari
Ilustrasi matahari Foto: Wikimedia Commons/NASA/SDO
Jakarta -

Matahari merupakan salah satu objek antariksa yang selalu kita temui setiap hari, tapi untuk mengamatinya dengan jelas membutuhkan cara yang tidak mudah. Untungnya, berkat bantuan teknologi seorang fotografer berhasil menangkap foto matahari paling detail dan hasilnya benar-benar mengagumkan.

Andrew McCarthy, seorang astrofotografer asal Arizona, Amerika Serikat, belum lama ini membagikan foto matahari tersebut di Instagram dan Reddit. Ia memamerkan beberapa foto, dari zoom out sampai foto close up yang memperlihatkan pola di permukaan matahari.

Dalam postingannya di Reddit, McCarthy mengatakan foto ini diambil menggunakan teleskop khusus yang telah dipasangi filter. Ia memperingatkan untuk tidak melihat matahari secara langsung dari teleskop karena bisa membahayakan mata.

McCarthy mengatakan ia menggunakan teleskop surya dengan narrow bandpass. Modifikasi ini memungkinkannya mengambil foto matahari dengan kontras yang lebih tinggi.

Dengan modifikasi ini, McCarthy bisa mengarahkan teleskopnya langsung ke Matahari dan mengambil fotonya tanpa perlu khawatir kameranya akan terbakar, seperti dikutip dari BGR, Rabu (8/12/2021).

[Gambas:Instagram]

Untuk menghasilkan foto ini, McCarthy mengambil lebih dari 300.000 foto matahari, tapi ia kemudian memilih 150.000 foto terbaik. Ratusan ribu foto ini kemudian digabungkan untuk menghilangkan efek distorsi di atmosfer.

Hasil akhir fotonya memiliki resolusi 300 MP. Foto yang dipamerkan McCarthy memang mengagumkan, dan memperlihatkan detail permukaan matahari dengan sangat tajam. Tanpa perlu melihat foto close up-nya, detail seperti bintik dan suar matahari bisa dilihat dengan jelas.

Bagi pencinta foto astronomi, hasil jepretan McCarthy ini tentu sangat memanjakan mata. Sebelumnya, ia juga pernah membagikan foto gerhana matahari sebagian yang terjadi akhir bulan lalu di akun Instagram-nya.

Selain foto McCarthy, sebenarnya ada beberapa foto matahari super detail lainnya yang pernah dipamerkan, tapi foto itu diambil menggunakan teleskop yang jauh lebih canggih. Seperti foto bintik matahari paling jelas yang diambil oleh Daniel K Inouye Solar Telescope milik US National Science Foundation.



Simak Video "Pria Ngaku Dewa Matahari Alami Gangguan Jiwa, Kasusnya Dihentikan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT