Klaim Matahari Bisa Tiba-tiba Menghilang Hebohkan Netizen

ADVERTISEMENT

Klaim Matahari Bisa Tiba-tiba Menghilang Hebohkan Netizen

Tim - detikInet
Sabtu, 04 Des 2021 08:49 WIB
Matahari
Klaim Matahari Bisa Tiba-tiba Menghilang Hebohkan Netizen. Foto: Universe Today
Jakarta -

Apa yang akan terjadi pada Bumi jika Matahari tiba-tiba menghilang? Berapa lama kita bisa hidup dalam kegelapan? Baru membayangkannya saja sudah bikin heboh netizen.

Pengguna TikTok bereaksi histeris merespons sebuah diskusi di situs New Scientist yang menyebut Matahari bisa tiba-tiba menghilang dan membuat Bumi terbang melintasi ruang angkasa.

Sebuah video di TikTok menampilkan sejumlah dugaan dari pertanyaan "apa yang akan terjadi pada Bumi jika Matahari menghilang?" di forum New Scientist. Salah satunya menyebutkan, Bumi tidak akan langsung gelap total selama delapan menit, waktu yang dibutuhkan cahayanya untuk mencapai kita. Ini memicu kekhawatiran bahwa kita tidak akan menyadari hilangnya Matahari selama delapan menit itu.

Pada kenyataannya, tanda-tanda mencolok bahwa Matahari telah menghilang kemungkinan akan mencakup penurunan suhu yang dramatis, membuat kelangsungan hidup di Bumi menjadi mustahil.

Dikutip dari Daily Star, influencer Skotlandia LittlestChicken merespons video tersebut dengan sarkas.

"Saya baru saja melihat video itu? Dan seseorang mengatakan bahwa jika Matahari menghilang, kita tidak akan menyadarinya selama delapan menit. Dan setelah kita tahu pun itu bukan masalah, karena kita akan langsung terlempar ke luar angkasa, terlempar sampai Bumi menemukan bintang baru selama ribuan tahun," tulisnya.

Yang lainnya berkomentar, "Jadi ketika itu terjadi sekarang dan pada saat saya memposting TikTok ini, kita akan melakukannya di luar angkasa. Aplikasi ini harus berhenti membuat saya cemas."

Pakar Dharmendra Bhatia, dari India, menjelaskan laporan New Scientist, dengan mengatakan bahwa seandainya Matahari tiba-tiba menghilang, akan ada penurunan suhu secara signifikan sehingga makhluk di Bumi sulit bertahan hidup.

"Karena Matahari adalah pusat gravitasi di tata surya kita, hilangnya Matahari akan mengakibatkan anarki sementara di antara benda-benda yang tersisa, dan setelah beberapa tabrakan, sistem mungkin menemukan pusat baru," ujarnya.

"Jika Bumi cukup beruntung untuk menghindari terjebak dalam tabrakan ini dan tidak hanya terbang ke luar angkasa, Bumi mungkin mulai berputar di sekitar pusat baru," sambungnya.

Sedangkan David Collins dari Hertfordshire, Inggris menanggapi pertanyaan di forum New Scientist ini dengan menyebutkan, itu tergantung pada apa yang dimaksud dengan "menghilang".

"Jika Matahari masih ada, tetapi hanya berhenti memancarkan cahaya dan panas, kita akan tetap berada di orbit. Seluruh Bumi akan berada dalam kegelapan permanen, udara dan lautan akan mempertahankan kehangatan untuk beberapa waktu, tetapi semua kehidupan pada akhirnya akan membeku sampai mati," sebutnya.

Menurut kalian, apa yang akan terjadi jika Matahari tiba-tiba menghilang?



Simak Video "Pria Ngaku Dewa Matahari Alami Gangguan Jiwa, Kasusnya Dihentikan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT