Penampakan Langka Ubur-ubur Raksasa Terekam Kamera

Sabtu, 04 Des 2021 08:03 WIB
ubur-ubur
Foto: MBARI

Penampakan langka ubur-ubur raksasa berhasil terekam kamera di kedalaman 975 meter di Monterey Bay, di lepas pantai California, Amerika Serikat.

Rekaman itu ditangkap oleh ilmuwan Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh atau remote-operated vehicle (ROV). Ini adalah satu dari sembilan kali kesempatan ubur-ubur raksasa Stygiomedusa gigantea telah diamati oleh MBARI.

Video berdurasi 53 detik itu menunjukkan makhluk seperti jeli berwarna kecoklatan mengambang di sekitar teluk, dan lengannya tertinggal di belakang saat bergerak menjauh.

"Penghuni laut dalam ini memiliki lebar lebih dari satu meter, belum termasuk empat lengan mulut (atau mulut) seperti pita yang dapat tumbuh lebih dari 10 meter," kata MBAIR seperti dikutip dari News Week.

"Ubur-ubur raksasa pertama kali dikumpulkan pada tahun 1899. Sejak itu, para ilmuwan hanya bertemu hewan ini sekitar 100 kali. Tampaknya, makhluk ini memiliki distribusi di seluruh dunia dan telah dicatat di semua cekungan laut kecuali Kutub Utara," tambah MBAIR.

Disebutkan pula oleh para peneliti, mengakses kedalaman laut tempat ubur-ubur ini tinggal juga menjadi tantangan tersendiri. Karenanya, habitat air berkontribusi pada kelangkaan penampakan untuk spesies yang begitu besar dan tersebar luas.

Stygiomedusa gigantea dianggap sebagai salah satu predator invertebrata terbesar di laut dalam. Makhluk ini pernah muncul di lepas pantai Meksiko pada 2010.

Kemudian lebih banyak rekaman ubur-ubur raksasa muncul pada tahun 2015, dan Stygiomedusa giganteaphantom difilmkan di Teluk Meksiko. Sebelum ROV digunakan secara luas, para ilmuwan mengandalkan jaring pukat untuk menemukan dan mempelajari spesies laut dalam.

"Jaring ini efektif untuk mempelajari hewan-hewan tangguh seperti ikan, krustasea, dan cumi-cumi, tetapi ubur-ubur berubah menjadi cairan agar-agar di jaring pukat," kata MBAIR.

Kamera pada ROV MBARI telah memungkinkan para peneliti MBARI untuk mempelajari hewan-hewan ini secara utuh di lingkungan alami mereka. Video definisi tinggi ubur-ubur ini menangkap detail menakjubkan tentang penampilan dan perilaku hewan yang tidak dapat dilakukan oleh para ilmuwan, untuk melihat dengan spesimen yang ditangkap pukat.

Ubur-ubur adalah salah satu makhluk yang mampu bertahan hidup di kedalaman laut yang luar biasa. Pada tahun 2016, para peneliti menemukan spesies ubur-ubur bercahaya yang hidup di dekat Palung Mariana.

Ubur-ubur ini, yang secara informal punya nama lain Enigma Seamount, digambarkan punya ketinggian 3.700m. Ubur-ubur terbesar yang diketahui adalah ubur-ubur surai singa Cyanea capillata, yang memiliki tentakel yang dapat meregang hingga 36 meter.

Video penampakan ubur-ubur raksasa:

[Gambas:Youtube]

(rns/rns)