Saingi AS-Rusia, China Siap Luncurkan Roket ke Antariksa dari Laut

ADVERTISEMENT

Saingi AS-Rusia, China Siap Luncurkan Roket ke Antariksa dari Laut

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 16 Nov 2021 09:20 WIB
China bangun kapal khusus untuk peluncuran roket ke luar angkasa.
Saingi AS-Rusia, China Siap Luncur Roket ke Antariksa dari Laut. Foto: CASC
Jakarta -

China sedang agresif di bidang keantariksaan. Terbaru, China sedang membangun kapal khusus yang nanti dilakukan peluncuran roket ke luar angkasa.

Kapal tersebut memiliki panjang 162,5 meter dengan lebar 40 meter. Pembuatan kapal terus disempurnakan di China Oriental Spaceport, Haiyang, Provinsi Shandong, China.

Sebagaimana dikutip dari Space, Selasa (16/11/2021) kapal peluncur roket itu dilengkapi peralatan pendukung yang terintegrasi dan mampu memfasilitasi Long March 11, roket komersial Smart Dragon yang lebih besar.

China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) telah melakukan dua peluncuran Long Mars 11 dari Laut Kuning menggunakan kapal tongkang yang dimodifikasi.

Dengan kehadiran kapal peluncuran roket, diharapkan memenuhi kebutuhan peluncuran roket, satelit, maupun pendaratan roket pertama seperti roket Falcon 9 kepunyaan SpaceX. Diharapkan, kapal tersebut dapat beroperasi pada 2022.

Pemilihan peluncuran dari laut karena lokasi yang lebih fleksibel jalur penerbangannya ketimbang di daratan. Sehingga puing-puing sisa peluncuran tidak di pemukiman yang berpotensi menimbulkan korban.

Keberadaan kapal itu dapat membantu peningkatan peluncuran yang dikerjakan China. Di sisi lain, mengurangi beban pada empat pusat peluncuran utama negeri Tirai Bambu.

China bangun kapal khusus untuk peluncuran roket ke luar angkasa.China bangun kapal khusus untuk peluncuran roket ke luar angkasa. Foto: CASC

Sejauh ini, pada tahun 2021 saja, China telah meluncurkan 41 kali, sebuah rekor nasional untuk peluncuran ke orbital dalam satu tahun kalendar.

China bukan negara pertama yang meluncurkan roket dari laut, sebelumnya sudah lebih dulu dilakukan Amerika Serikat (AS) dan Rusia.



Simak Video "China Berhasil Bawa 3 Satelitnya Lewat Roket CERES-1"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT