Apa Itu Muskisme, Kapitalisme Baru Ala Elon Musk

Apa Itu Muskisme, Kapitalisme Baru Ala Elon Musk

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 12 Nov 2021 15:12 WIB
Elon Musk
Profesor Sebut Bentuk Paham Kapitalisme Baru: 'Muskisme'. Foto: Instagram @elonrmuskk
Jakarta -

Sebutlah sejumlah ideologi yang kamu ketahui, tapi mungkin kamu belum dengar 'Muskisme' yang dicetuskan oleh seorang profesor. Muskism atau Muskisme disebut adalah bentuk baru dari kapitalisme.

Jill Lepore Professor of History di Harvard University berargumen di 'Elon Musk: The Evening Rocket' yang dirilis oleh BBC pada bulan September dan merupakan klip eksklusif yang dibagikan Inverse. Lepore mencatat bahwa latar kehidupan Musk sudah membuatnya terdengar seperti karakter buku di komik. Betapa kapitalisme di dunia saat ini sangat dipengaruhi tindak-tanduk seorang Elon Musk.

Lepore berpendapat begitu karena banyak fakta mencengangkan mengenai apa saja yang bisa dipengaruhi oleh nama 'Elon Musk'. Contohnya, harga saham bisa didorong olehnya karena penghasilan dan 'fantasi' dari fiksi ilmiah yang Elon Musk sukai. Pun demikian dengan uang kripto yang bisa naik turun harganya, cuma karena komentar Elon Musk.

Bahkan dalam skala yang lebih luas, pengaruh Musk sangat jelas. Salah satunya dalam upaya membangun kota mandiri berkekuatan jutaan orang di Mars pada tahun 2050. Ini adalah bagian dari rencana untuk mengubah umat manusia menjadi spesies multi-planet.

Nah detikers, kalau digali sedikit lebih dalam, akar fiksi ilmiah dalam SpaceX sebenarnya ada. Roket pertama yang akan membawa manusia ke Mars, Heart of Gold, misalnya. Kapal ini dinamai berdasarkan sebuah kapal yang ditemukan di buku 'Hitchhikers' Guide to the Galaxy' karangan Douglas Adams.

Referensi ini juga kadang muncul dengan Tesla. Mode Ludicrous dan Plaid performa tinggi adalah nama yang terinspirasi oleh komedi sci-fi tahun 1980-an 'Spaceballs'.

Tapi lepas dari istilah 'Muskism', Elon Musk tampaknya hanya melihat kekayaannya yang besar sebagai alat untuk mencapai tujuan yang ia inginkan. Selama penampilannya tahun 2016 di Kongres Astronautika Internasional, dia mengatakan bahwa dia sedang membangun kekayaan untuk membawa manusia ke Mars.

Pada bulan Maret, dia bahkan menulis di Twitter, "Saya mengumpulkan sumber daya untuk membantu membuat kehidupan multiplanet dan memperluas cahaya kesadaran ke bintang-bintang."

Terlepas dari itu, ia tidak memaksa siapapun untuk ikut dengannya terbang ke Mars, semua dilakukan berdasarkan kemauan orang-orang yang bersedia bertualang bersama orang terkaya di dunia ini.

Pada akhirnya, semua kembali pada kalian nih detikers. Apakah yang dilakukan Musk bentuk kapitalisme atau hanya sekadar ambisi yang ingin ia realisasikan? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar, ya.



Simak Video "Eks Manajer Twitter Skeptis dengan 'Free Speech' Ala Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)