Kenalin Nih, Saus Tomat Rasa Mars

Kenalin Nih, Saus Tomat Rasa Mars

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 12 Nov 2021 13:31 WIB
tomat mars
Kenalin Nih, Saus Tomat Rasa Mars. Foto: Florida Tech
Jakarta -

Para peneliti sedang mencari tahu tanaman apa yang akan tumbuh paling baik di Mars. Apakah kentang, tomat, cabai, atau lainnya? Nah, produsen saus Heinz, memperkenalkan saus tomat yang diklaim punya rasa Mars.

Ahli astrobiologi di Aldrin Space Institute di Florida Tech, Amerika Serikat, berhasil menumbuhkan benih tomat untuk Heinz, khusus di tanah yang kondisinya disimulasikan sangat mirip dengan Mars.

Dikutip dari Universe Today, Jumat (12/11/2021) hasil percobaan menumbuhkan benih tersebut selama dua tahun, diklaim cukup menjanjikan bagi para astronaut untuk bisa menanam sayuran dan memiliki bumbu dapur di Mars.

"Sebelumnya, sebagian besar upaya untuk menumbuhkan tanaman dalam kondisi simulasi Mars adalah studi pertumbuhan tanaman jangka pendek," kata ahli biologi Andrew Palmer, yang memimpin penelitian.

"Namun apa yang telah dilakukan proyek ini adalah panen pangan jangka panjang. Mencapai hasil panen yang berkualitas menjadi saus tomat Heinz adalah hasil yang diimpikan, dan kami mencapainya," sambungnya.

Hasil kolaborasi dengan Heinz menurutnya juga mewakili teknik untuk meningkatkan produksi pangan masa depan dalam mengantisipasi kondisi menantang di Bumi.

"Salah satu tantangan terbesar yang kami hadapi adalah bagaimana tanaman tumbuh di kondisi tanah yang kurang ideal, dan proyek ini dapat membantu kami menemukan cara untuk mengatasi masalah ini," kata Gary King, kepala bidang pertanian di Kraft Heinz.

Tim tersebut berhasil menghasilkan panen tomat Heinz, dari biji tomat, dengan kualitas tepat yang melewati standar ketat dalam hal kualitas dan rasa untuk menjadi saus tomat yang ikonik.

tomat marsAhli biologi Andrew Palmer memegang tomat yang ditumbuhkan di Red House. Foto: Florida Tech

Palmer bekerja dengan tim yang terdiri lebih dari puluhan mahasiswa, ilmuwan, dan teknisi di sebuah rumah kaca, yang disebut sebagai Red House di Florida Tech. Red House dirancang untuk meniru kondisi yang akan dihadapi manusia saat bertani di Mars.

Mereka menggunakan pencahayaan LED yang mensimulasikan sinar Matahari di Mars, dan menggunakan sekitar 3.538 kg regolit Mars analog, tanah dari Gurun Mojave yang memiliki karakteristik tanah Mars. Lingkungan Red House juga memiliki kontrol suhu yang ketat dan irigasi teratur.

Setelah proyek percontohan awal sukses menumbuhkan 30 tanaman tomat, tim berlanjut ke proyek yang lebih besar dengan menumbuhkan sekitar 450 tanaman tomat di masing-masing ember, bekerja sama dengan Heinz.


Proyek ini tak hanya berhasil menanam tomat, tetapi juga melakukan eksperimen membuat prototipe botol Heinz Tomato Ketchup Marz Edition. Botol berisi saus tomat ini dikirim ke angkasa pada ketinggian 37 ribu km untuk keperluan pemotretan. Tim mengatakan saus tomat dan botol tersebut bisa bertahan pada suhu ekstrem sebelum kembali ke Bumi.

Sayangnya, karena proyek ini masih dalam tahap percobaan, Heinz Tomato Ketchup Marz Edition hanya bisa dicicipi segelintir orang yang beruntung menjadi tester.



Simak Video "Gagasan Gila Ilmuwan, Rencanakan Bikin Lift ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)