6 Mitos dan Misteri Terbesar Dinosaurus

6 Mitos dan Misteri Terbesar Dinosaurus

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 18 Okt 2021 19:40 WIB
Artists life reconstruction of the titanosaurian dinosaur Mansourasaurus shahinae on a coastline in what is now the Western Desert of Egypt approximately 80 million years ago is pictured in this undated handout image obtained by Reuters on January 29, 2018.   Andrew McAfee/Carnegie Museum of Natural History/Handout via REUTERS  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.  NO RESALES. NO ARCHIVE. NO SALES     TPX IMAGES OF THE DAY
Dinosaurus (Foto: Andrew McAfee/Carnegie Museum of Natural History/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Berbagai macam mitos dan misteri melingkupi eksistensi dinosaurus puluhan jutaan tahun yang lalu. Berikut beberapa di antaranya dan jawabannya, seperti dikutip detikINET dari CNN, Senin (18/10/2021):

1. Dinosaurus tak semuanya berwujud besar

Para dinosaurus diidentikkan sebagai binatang besar, bahkan raksasa. Dalam pameran dinosaurus di museum-museum atau dalam adegan-adegan yang ditayangkan di film, dinosaurus banyak yang berukuran besar dan menimbulkan kekaguman dari para pemirsanya. Akan tetapi dinosaurus beraneka ragam ukurannya, tak semua wujudnya besar.

Bahkan di tahun-tahun belakangan ini, cukup sering ditemukan oleh ilmuwan beberapa jenis fosil dinosaurus mungil. Pada tahun 2016 silam misalnya, digali fosil ekor dinosaurus yang badannya diperkirakan hanya sebesar telapak tangan manusia.

2. Dinosaurus tak semuanya bersisik

Bukti-bukti dalam temuan baru mengubah pandangan soal dinosaurus, termasuk bagaimana sebenarnya bentuk kulitnya. Memang sebagian dinosaurus kulitnya bersisik seperti reptil, tapi banyak juga yang lebih mirip burung. Fosil yang mengungkap bahwa dinosaurus ada yang punya bulu purba pertama kali ditemukan pertengahan tahun 1990-an China. Kini, luas diterima di kalangan ilmuwan bahwa banyak dinosaurus itu berbulu dan tidak bersisik seperti anggapan semula.

3. Warna dinosaurus beragam

Sering digambarkan dalam film atau media lainnya bahwa warna dinosaurus itu hampir semuanya hijau atau abu-abu. Namun penelitian terhadap fosil dinosaurus, yang terkadang ada struktur pigmennya, membuktikan bahwa bulu dinosaurus warnanya bermacam-macam, tak sebatas warna tersebut. Dinosaurus bernama Sinosauropteryx contohnya, ada yang sebagian warna bulunya putih.

Halaman selanjutnya, misteri spesies dinosaurus>>>