Dinosaurus Mengerikan Berwajah Buaya Ditemukan

Dinosaurus Mengerikan Berwajah Buaya Ditemukan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 05 Okt 2021 08:07 WIB
Dinosaurus
Dinosaurus Ceratosuchops inferodios. Foto: Live Science
Jakarta -

Dua spesies baru dinosaurus ditemukan di Isle of Wight, pulau dekat Inggris Raya. Salah satunya berwajah mirip buaya dengan moncong sepanjang satu meter dan merupakan karnivora yang cukup mengerikan pada zaman hewan ini masih hidup di Bumi ratusan juta tahun silam.

Seperti dikutip detikINET dari New Scientist, spesies itu panjangnya sekitar 9 meter sehingga adalah predator yang besar dan diperkirakan hidup di sekitar area Inggris pada periode 125 juta tahun yang lalu.

Fosil tulang belulangnya ditemukan secara bertahap dalam periode beberapa tahun di Isle of Wight. Dua spesies baru ini menurut ilmuwan yang merisetnya berhubungan keluarga dengan spinosaurid yang masuk dalam kategori dinosaurus predator. Sekitar 50 tulang belulang mereka ditemukan.

Spesimen pertama dengan wajah buaya itu dinamai sebagai Ceratosuchops inferodios, dijuluki pula bangau muka buaya bertanduk dari neraka, karena gaya berburunya diperkirakan mirip bangau. Sedangkan tanduknya berukuran pendek.

Mereka diperkirakan dapat dengan mudah mencari mangsa di air maupun danau berkat moncongnya yang jumbo. Salah satu mangsanya kemungkinan adalah ikan dan juga beberapa binatang di daratan. Dinosaurus ini disebut sebagai predator yang fleksibel dalam memburu para mangsanya itu.

Sedangkan spesimen kedua disebut sebagai Riparovenator milnerae, sebagai penghormatan pada ahli paleontologi Inggris yang belum lama ini meninggal dunia, Angela Milner.

"Kami sudah cukup lama tahu bahwa dinosaurus semacam ini terdapat di Isle of Wight, tapi menemukan sisa-sisa dari dua binatang semacam itu dalam jangka waktu berdekatan adalah kejutan besar," kata Darren Naish dari University of Southampton selaku salah satu perisetnya.



Simak Video "Spesies Baru Dinosaurus Berhasil Ditemukan Ilmuwan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)