9 Skenario Kiamat Menurut Sains

9 Skenario Kiamat Menurut Sains

Tim - detikInet
Senin, 18 Okt 2021 07:45 WIB
Langit Merah Akibat Kebakaran Hutan di Australia Seperti Dunia Akan Kiamat
9 Skenario Kiamat Menurut Sains. Foto: ABC Australia
Jakarta -

Ilmuwan khawatir akan berbagai skenario berbahaya yang bisa menimbulkan kerusakan di Bumi, bahkan bisa menyebabkan kiamat. Skenario-skenario ini kerap diceritakan dalam kisah film fiksi ilmiah.

Meski film-film tersebut hanya rekaan, secara sains memang ada kondisi tertentu entah karena alam atau akibat perbuatan manusia yang bisa menghancurkan dunia. Berikut ini beberapa skenario kiamat berdasarkan pandangan sains seperti dikutip dari Science Alert.

1. Pemanasan global

Banyak ilmuwan menyebutkan pemanasan global dan perubahan iklim adalah ancaman terbesar yang dihadapi planet ini. Perubahan iklim dapat menimbulkan cuaca ekstrem menjadi lebih parah, meningkatkan kekeringan di beberapa daerah, mengubah distribusi hewan dan penyakit di seluruh dunia, dan menyebabkan daerah dataran rendah di planet ini tenggelam akibat naiknya permukaan laut.

Semua perubahan ini dapat menyebabkan ketidakstabilan politik, kekeringan parah, kelaparan, keruntuhan ekosistem, dan perubahan lain yang membuat Bumi menjadi tempat yang sangat tidak ramah untuk ditinggali.

2. Asteroid

Ancaman asteroid sering menjadi "andalan" penyebab akhir dunia dalam cerita-cerita film fiksi ilmiah. Di luar itu, para ilmuwan memang mengkhawatirkan batu dari luar angkasa bisa menghantam dan memusnahkan Bumi.

Planet ini pernah dihantam asteroid yang memusnahkan dinosaurus. Sejarah juga mencatat peristiwa Tunguska, yaitu jatuhnya meteoroid yang menghanguskan 2.000 kilometer persegi hutan Siberia pada tahun 1908.

3. Ancaman pandemi

Patogen mematikan baru muncul setiap tahun, mulai dari SARS, flu burung , MERS, dan yang sedang kita alami saat ini, SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 mematikan yang menelan jutaan jiwa di seluruh dunia. Karena ekonomi global kita yang sangat saling berhubungan, penyakit mematikan dapat menyebar dengan cepat. Ancaman pandemi global begitu nyata.

4. Jamur

Selain ancaman virus dan bakteri berbahaya, ada juga ancaman jamur yang bahkan lebih menakutkan dan bisa mematikan.

"Bumi ini memiliki penyakit jamur amfibi baru yang memiliki efek menghancurkan," kata David Wake, kurator di Museum of Vertebrate Zoology di University of California, Berkeley tentang jamur chytrid yang pernah memusnahkan katak di seluruh Amerika Serikat.

Jamur yang sama fatalnya pada manusia bisa menjadi bencana besar, bahkan meskipun bakteri mematikan dan antibiotik berlimpah. Pasalnya, kita hanya tahu sedikit tentang pengobatan infeksi jamur jika dibandingkan penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

Selanjutnya: Penyakit yang direkayasa