7 Samudra Aneh di Planet Lain, Ada Lautan Berlian dan Neraka - Halaman 2

7 Samudra Aneh di Planet Lain, Ada Lautan Berlian dan Neraka

Jumat, 15 Okt 2021 16:40 WIB
laut di planet lain
7 Samudra Aneh di Planet Lain, Ada Lautan Berlian dan Neraka (Foto: Listverse)

laut di planet lainFoto: Listverse

4. Laut Bawah Tanah di Ceres

Para peneliti NASA menemukan kemungkinan adanya zat cair di Ceres. Planet kerdil dengan diameter hanya 950 kilometer ini menyimpan laut di bawah lumpur di permukaannya.

Di atas inti Ceres diperkirakan terdapat lapisan es. Beberapa waktu lalu, para peneliti juga menemukan objek terang dalam kawah besar Ceres dengan diameter sekitar 80 kilometer. Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa titik yang dinamakan "Feature 5" di planet itu bisa jadi petunjuk adanya lautan bawah tanah di bawah permukaannya.

laut di planet lainFoto: Listverse

5. Laut Hidrogen di Jupiter

Di bawah lapisan awan setebal 50 kilometer di planet Jupiter, terletak lautan hidrogen cair. Laut ini sekaligus menjadi lautan terbesar di Tata Surya berdasarkan volumenya.

Berukuran hingga 78% dari total radius planet Jupiter, laut hidrogen ini memiliki kedalaman hingga 54.531 kilometer. Dengan tekanan atmosfer hingga 100 juta kali dari tekanan atmosfer di Bumi, zat hidrogen di planet ini bisa mencair hingga membentuk lautan. Karenanya, planet Jupiter menjadi rumah bagi laut terbesar dengan kondisi paling ekstrem di Tata Surya.

Halaman selanjutnya: Laut nuklir dan laut neraka...