Pangeran William Sindir Orang Kaya Berlomba ke Antariksa

Pangeran William Sindir Orang Kaya Berlomba ke Antariksa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 15 Okt 2021 07:17 WIB
London -

Perlombaan ke luar angkasa tengah berlangsung antara para orang kaya, dari Jeff Bezos, Elon Musk, sampai Richard Branson. Sebagian orang tak mendukungnya didasari beberapa alasan termasuk yang terbaru adalah Pangeran William.

Putra Mahkota Kerajaan Inggris itu menyebut tugas utama saat ini adalah memperbaiki Bumi, bukannya melanglang buana ke antariksa seperti mereka.

"Kita membutuhkan beberapa pikiran terhebat dunia untuk mencoba memperbaiki planet ini, tidak malah mencoba untuk menemukan tempat selanjutnya dan tinggal di sana," kata dia seperti dikutip detikINET dari Guardian.

Dalam event iklim Cop26, dia juga belum lama ini memperingatkan bahwa kendati masalah Bumi sudah mulai gawat, para pemimpin dunia hanya pandai berbicara tapi aksi mereka tidak cukup dalam menangkal perubahan iklim dan pemanasan global.

"Solusi-solusi akan menjadi penting. Kita tidak bisa terus berbicara dengan kata-kata pintar tapi tidak cukup bertindak," demikian kritik yang ia lontarkan.

Pangeran William menyatakan perubahan iklim saat ini sudah menimbulkan kecemasan yang besar khususnya pada anak-anak muda yang akan menyongsong masa depan. Mereka khawatir Bumi nanti tidak lagi menjadi tempat yang aman untuk ditinggali.

"Kita melihat meningkatnya kecemasan tentang iklim. Para anak muda sekarang tumbuh di mana masa depan mereka pada dasarnya terancam. Hal ini sangat menggelisahkan dan mengkhawatirkan," tambahnya.

Pangeran William ingin memastikan anak cucu bisa hidup dengan nyaman. "Saya ingin hal-hal yang saya nikmati, alam, lingkungan, kehidupan outdoor, terus ada untuk anak saya dan bukan hanya dia tapi juga bagi anak-anak orang lain," sebut Pangeran William.

(fyk/rns)