Sabtu, 17 Nov 2018 11:20 WIB

Pangeran William Kecam Habis Media Sosial

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi seorang menggunakan media sosial. Foto: Thinkstock Ilustrasi seorang menggunakan media sosial. Foto: Thinkstock
Jakarta - Pangeran William mengecam habis media sosial. Ningrat kerajaan Inggris itu menilai media sosial gagal menangkal masalah cyber bullying ataupun peredaran beragam kabar tidak benar di masyarakat.

Dikutip detikINET dari CNBC, William mengatakan perusahaan media sosial telah membiarkan misinformasi dan konspirasi mencemarkan publik.

"Alat yang kita gunakan untuk mengucapkan selamat pada satu sama lain, juga bisa dipakai untuk perkataan yang dipenuhi kebencian dan kepahitan," kata anak sulung Putri Diana ini.



"Website yang kita pakai untuk tetap terkoneksi, bagi beberapa orang malah digunakan untuk menciptakan perasaan kesepian serta kekurangan," tandasnya.

Dia pun menyarankan para perusahaan bekerjasama untuk menangkis permasalahan tersebut. Para raksasa teknologi itu, menurutnya, masih harus belajar soal tanggung jawab karena memegang kekuatan besar.

Terkhusus, ia sepertinya menyindir pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, yang menemukan jejaring sosial terbesar dunia itu dari kamar asramanya di Harvard.



"Perjalanan dari penemu di asrama mahasiswa menjadi pemimpin beberapa perusahaan paling bernilai di dunia terlalu cepat sehingga mereka mungkin kesulitan memahami," tambah William.

"Suara dari pemegang saham dan soal keuntungan mengganggu mereka dari nilai-nilai yang membuat mereka dulu sangat sukses. Mereka begitu bangga dengan apa yang mereka ciptakan sehingga tak dapat mendengar kegelisahan user," pungkas dia. (agt/agt)