Kejutan! Artefak Manusia Purba Ditemukan di Rumah Putri Diana

Kejutan! Artefak Manusia Purba Ditemukan di Rumah Putri Diana

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 13 Okt 2021 17:49 WIB
Putri Diana
Rumah Putri Diana Simpan Artefak Manusia Purba. Foto: Express.co.uk
Jakarta -

Arkeolog menemukan bukti aktivitas manusia purba Neanderthal di perkebunan Althorp, Inggris. Wilayah ini merupakan kediaman Putri Diana semasa kecil.

Perkebunan Althorp menjadi kompleks keluarga Diana Spencer sejak 1508. Althorp berisi rumah dan perkebunan megah yang terdaftar pada Grade I di paroki sipil Althorp, di West Northamptonshire, Inggris dengan luas sekitar 13.000 hektar.

Para arkeolog awalnya menjelajahi halaman Althorp Park untuk mencari Olletorp, sebuah desa kecil yang diyakini musnah oleh wabah Black Death pada abad ke-14. Namun justru dari sana, mereka menemukan bukti kehidupan Neanderthal sejak lebih dari 40 ribu tahun.

Perburuan Olletorp sendiri diprakarsai oleh saudara Putri Diana, Earl Spencer. Dia merupakan arkeolog muda, sejarawan dan penjelajah. Pencarian dipimpin oleh Institute for Digital Archaeology (IDA) Oxford, yang menemukan potongan-potongan kerang yang berasal dari Abad Pertengahan.

Putri DianaMasa kecil Putri Diana dihabiskan di Rumah Althorp. Foto: Express.co.uk

Berdasarkan penanggalan karbon, artefak yang ditemukan di wilayah tersebut berusia lebih dari 40 ribu tahun, bertepatan dengan hari-hari terakhir Neanderthal di Eropa barat laut. Kerabat terdekat Homo sapiens ini diperkirakan telah mati secara misterius antara 40 ribu hingga 44 ribu tahun yang lalu.

"Pengujian penanggalan karbon kami memunculkan fakta mengejutkan. Diperlukan penelitian lebih lanjut menggali lebih banyak tentang Althorp. Wilayah ini kemungkinan telah ditempati jauh lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya. Ini adalah kompleks situs dengan banyak rahasia menarik," tulis IDA lewat Twitter mereka.

Dikutip dari Express.co.uk, Rabu (13/10/2021) di pusat perkebunan tersebut terletak Althorp House tempat Putri Diana kecil tinggal. Setelah meninggal pada tahun 1997, dia dimakamkan di sebuah pulau kecil di sebuah danau yang dikenal sebagai The Oval di dalam Pleasure Garden di tanah leluhurnya tersebut.

Desa abad pertengahan Olletorp diyakini pernah berdiri sekitar 1.000 meter dari Rumah Althorp yang terdaftar sebagai Grade 1. Olletorp tercatat dalam survei Domesday Book yang disusun oleh William the Conqueror. Namun, desa itu tampaknya telah terhapus pada saat keluarga Spencer pindah.

Putri DianaNeanderthal pertama diyakini berkelana ke Inggris 400 ribu tahun lalu. Foto: Express.co.uk

Direktur Eksekutif IDA Roger Michel mengatakan para arkeolog IDA menemukan segudang kerang, sirip tanduk, dan batu di tumpukan sampah. Penemuan ini merupakan indikasi kuat pembuatan perkakas di lokasi tersebut, karena jaraknya dari laut.

"Kami tidak berpikir cangkang itu adalah sisa-sisa makanan prasejarah karena Althorp bahkan lebih jauh dari laut dibandingkan sekarang. Mereka juga memahat atau menggunakannya untuk hiasan," ujarnya.

Survei geofisika yang dilakukan oleh tim peneliti ini telah mengungkapkan banyak yang bisa digali ke depannya. Mereka meyakini Althorp tempat yang sangat baik dalam menceritakan seluruh kisah pemukiman Inggris di masa lampau. Neanderthal pertama diyakini telah berkelana ke Inggris sekitar 400 ribu tahun yang lalu.



Simak Video "Studi: Hanya 7% Populasi Dunia yang Punya DNA Unik 'Manusia Modern'"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)