Kata Ilmuwan Mars Sudah Ditakdirkan Tak Ada Kehidupan, Kenapa?

Kata Ilmuwan Mars Sudah Ditakdirkan Tak Ada Kehidupan, Kenapa?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 21 Sep 2021 18:50 WIB
This Feb. 10, 2021 image taken by the United Arab Emirates
Planet Mars sudah ditakdirkan tidak ada kehidupan, kata ilmuwan. Foto: AP/Mohammed bin Rashid Space Center/UAE Space Agency
Jakarta -

Kata ilmuwan, Planet Mars sudah ditakdirkan tidak akan memiliki kehidupan. Alasannya pun simpel -- dari ukuran planet. Secara teori, jari-jari mars pun hanya setengah dari jari-jari Bumi.

Dari penelitian yang sudah dipublikasikan di PNAS ini menyuguhkan fakta menarik yang mungkin belum pernah terpikirkan soal mengapa Mars tidak mungkin menjadi tempat bernaung makhluk hidup, sebagaimana dikutip dari Science Alert.

"Nasib Mars telah ditentukan sejak awal," kata ilmuwan planet Kun Wang dari Universitas Washington di St. Louis.

"Kemungkinan ada ambang batas pada persyaratan ukuran planet berbatu untuk menahan air yang cukup untuk memungkinkan kelayakhunian dan lempeng tektonik, dengan massa melebihi Mars. Ukuran sebuah planet ekstrasurya adalah salah satu parameter yang paling mudah ditentukan," sambung Wang.

Kita dapat mengukur ukuran dan massa exoplanet, berdasarkan seberapa banyak cahaya bintang yang mereka blokir ketika mereka bergerak di antara kita dan bintang. Bisa juga dari seberapa banyak bintang bergerak dalam orbit timbal baliknya dengan exoplanet. Kedua hal ini dapat membantu ilmuwan menyingkirkan exoplanet yang terlalu kecil untuk memiliki sumber air cair.

Ada banyak perbedaan antara Bumi dan planet terestrial lainnya di Tata Surya, sehingga mungkin sulit untuk memastikan faktor mana yang kondusif bagi munculnya kehidupan, dan faktor mana yang menghambatnya.

Satu hal yang dibutuhkan kehidupan di Bumi adalah air cair, jadi kondisi yang memungkinkan keberadaan air cair adalah salah satu item utama dalam daftar periksa kelayakhunian planet. Mars dulunya memiliki permukaan air tapi sekarang Mars berdebu, kering dan sunyi, dan setiap air di permukaannya membeku.



Simak Video "Kalau Wisata ke Planet Mars, Destinasinya Kemana Aja Ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)