6 Struktur Rahasia Tersembunyi di Bawah Lapisan Es Greenland - Halaman 2

ADVERTISEMENT

6 Struktur Rahasia Tersembunyi di Bawah Lapisan Es Greenland

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 02 Sep 2021 07:45 WIB
Gletser Greenland
6 Struktur Rahasia Tersembunyi di Bawah Lapisan Es Greenland. Foto: CNN

greenlandFoto: Space.com

Permata tersembunyi

Lapisan es Greenland juga menyembunyikan pemandangan danau seperti permata yang dipenuhi air lelehan kristal. Setidaknya ada 60 danau kecil seperti ini. Sebagian besar danau tersebut berkerumun di Greenland utara dan timur. Temuan ini sebelumnya dilaporkan Stephen Livingstone, dosen senior geografi fisik di University of Sheffield di Inggris dan timnya.

Ukuran danau berkisar antara 200 m hingga 5,9 km. Air lelehan di danau-danau ini dapat mengalir dari permukaan lapisan es, atau mungkin meleleh karena gesekan dari pergerakan es atau energi panas Bumi dari bawah.

greenlandFoto: Space.com

Bukti dampak meteor

Tidak semua topografi di bawah lapisan es berasal dari Bumi. Para ilmuwan telah menemukan setidaknya dua kemungkinan kawah meteor terkubur di bawah es. Keduanya berada di barat laut Greenland. Yang pertama berada di bawah Gletser Hiawatha, dan yang lainnya berjarak 183 km dari yang pertama.

Kawah Hiawatha berada di bawah sekitar 930 m lapiasan es, sedangkan kawah kedua terkubur di bawah kedalaman 2 km lapisan es. Kawah kedua berukuran 36 km, menjadikannya sebagai kawah tumbukan terbesar ke-22 yang pernah ditemukan di Bumi. Sedangkan kawah yang pertama sedikit lebih kecil dengan lebar 31 km.

greenlandFoto: Space.com

Tumbuhan fosil yang terawetkan sempurna

Inti es yang digali selama era Perang Dingin untuk membangun pangkalan senjata nuklir ditemukan kembali pada tahun 2017. Pada inti es ini, tersimpan fosil tanaman dari satu juta tahun lalu yang terawetkan dengan sempurna.

"Cara terbaik untuk menggambarkannya adalah dengan metode freeze-dried. Ketika kami mengeluarkan fosil ini dan menyiramnya dengan sedikit air, mereka seperti terbentang. Jadi mereka tampak seperti mati," kata Andrew Christ, penulis utama studi inti es dan dosen di Departemen Geologi di University of Vermont di Burlington.

Inti es berasal dari Greenland barat laut, dan tanaman yang ada di dalamnya mungkin telah tumbuh di hutan boreal. Hutan seperti itu hanya bisa tumbuh di sebagian besar kondisi bebas es. Ini menunjukkan bahwa bagian dari lapisan es Greenland mungkin lebih muda dari yang diyakini para peneliti sebelumnya.

(rns/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT