Ribuan Tawon Pembunuh Dimusnahkan Karena Membahayakan

Ribuan Tawon Pembunuh Dimusnahkan Karena Membahayakan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 28 Agu 2021 20:40 WIB
Tawon Pembunuh
Tawon pembunuh. Foto: WSDA
Washington -

Amerika Serikat khususnya negara bagian Washington terus berupaya memberantas tawon raksasa Asia atau yang sering dijuluki tawon pembunuh. Otoritas di Washington menyatakan mereka baru saja memusnahkan sarang tawon tersebut yang terdiri dari ribuan ekor.

Washington State Department of Agriculture (WSDA) menyatakan berhasil menemukan sarang tawon itu di sebuah pohon mati di wilayah Whatcom County. Sebanyak 1.500 tawon dalam berbagai tahap pertumbuhan ada di dalamnya.

Tawon dengan nama ilmiah Vespa mandarinia ini untuk pertama kalinya terlihat Washington pada tahun silam, namun belum diketahui bagaimana bisa sampai di sana. Kedatangan spesies asing ini menimbulkan ketakutan besar baik di kalangan ilmuwan ataupun warga negeri Paman Sam.

Ilmuwan cemas lantaran tawon itu salah satu mangsanya kawanan lebah, belum lagi sengatannya sangat menyakitkan. Padahal, para petani bergantung pada lebah madu untuk penyerbukan tanaman seperti apel, cherry dan blueberry. Spesies invasif ini bisa mengubah kondisi ekologi lebih buruk secara permanen.

"Walau kami senang menemukan dan memberantas sarang ini, deteksi semacam ini membuktikan bahwa penting bagi publik untuk melaporkannya," kata Sven Spichiger dari WSDA yang dikutip detikINET dari CNN.

"Kami memperkirakan ada lebih banyak sarang tawon pembunuh ini di luar sana dan kami berharap bisa menemukannya sebelum ada ratunya. Laporan dari Anda mungkin akan menjadi petunjuk bagi kami untuk menemukan sarangnya," tambah dia.

Tawon raksasa Asia adalah spesies tawon terbesar di dunia dan ratunya bisa berkembang hingga ukuran 5 cm. Meski dijuluki tawon pembunuh, spesies ini diketahui hanya membunuh belasan orang dalam setahun di negara Asia.

Tawon pembunuh bisa memenggal kepala lebah dan serangga lainnya menggunakan rahangnya yang mirip seperti sirip hiu berduri. Tawon ini bahkan bisa memusnahkan sarang mangsanya dalam hitungan jam.

Serangga ini biasanya ditemukan di China, Jepang, Thailand, Korea Selatan, Vietnam dan negara Asia lainnya. Negara bagian Washington di AS dan Provinsi British Columbia di Kanada adalah satu-satunya tempat di Amerika Utara di mana spesies tawon pembunuh ini pernah ditemukan.



Simak Video "Melihat Pemusnahan Sarang Tawon Vespa di Parepare!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)