Ilmuwan Curiga Ada Kehidupan Alien di Planet Hycean

Ilmuwan Curiga Ada Kehidupan Alien di Planet Hycean

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 28 Agu 2021 05:45 WIB
Planet mengerikan di luar angkasa
Ilustrasi explanet, ilmuwan menduga ada kehidupan alien di exoplanet Hycean. Foto: NASA/JPL-Caltech
Cambridge -

Ilmuwan terus mencoba mencari tanda-tanda atau petunjuk kehidupan alien di planet selain Bumi. Terbaru, ditemukan exoplanet, sebutan untuk planet di luar Tata Surya, yang penuh lautan dan diduga bisa saja ada makhluk hidup di dalamnya.

Namanya adalah Planet Hycean. Planet ini sesuai namanya diselimut oleh lautan dan kaya akan hidrogen. Temperaturnya pun tinggi dan karakteristiknya sangat berbeda dengan Planet Bumi atau lebih ekstrem.

Namun demikian, ilmuwan University of Cambridge yang mempublikasikan penelitiannya di Jurnal The Astrophysical Journal menyatakan secara teori, Hycean mungkin mendukung kehidupan dalam bentuk sederhana seperti mikroba, seperti halnya lautan di planet kita. Alien memang tidak mesti mirip manusia, apapun kehidupan yang ditemukan di alam semesta bisa disebut alien.

"Planet Hycean ini membuka area yang benar-benar baru dalam pencarian kita terhadap kehidupan di luar sana," kata kepala peneliti, Nikku Madhusudhan yang dikutip detikINET dari Futurism, Sabtu (28/8/2021).

Sejauh ini, pencarian terhadap planet yang dapat dihuni alien umumnya mengincar dunia yang semirip mungkin dengan Bumi kondisinya. Wajar saja, Bumi adalah satu-satunya tempat yang diketahui mendukung kehidupan.

Hycean kerap diabaikan karena temperaturnya bisa mencapai 200 derajat Celcius dan bisa 10 kali lipat lebih besar dari Bumi massanya. Dengan kata lain, peluang menemukan makhluk hidup tidak besar. Namun karena lautannya luas, justru bisa saja ada kehidupan aliennya.

"Hal ini menarik bahwa kondisi yang bisa ditinggali makhluk hidup bisa saja ada di planet yang sangat berbeda dengan Bumi," cetus Anjali Piette, salah satu perisetnya.

Tentunya saat ini, hipotesis ada alien di Hycean masih berupa teori. Namun dengan banyaknya planet jenis Hycean dan semakin majunya teknologi, bukan tidak mungkin nantinya dapat dibuktikan ada kehidupan di sana.

"Kita harus berpikiran terbuka tentang di mana kita mengharapkan bisa menemukan kehidupan alien dan apa jenis makhluknya, karena alam ini selalu mengejutkan kita dalam cara yang sering tidak dapat dibayangkan," cetus Madhusudhan.



Simak Video "Ilmuwan Perkirakan Alien Bisa Temukan Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)