Jakarta Terancam Tenggelam, Ini Tempat Teraman dari Bencana Global

Jakarta Terancam Tenggelam, Ini Tempat Teraman dari Bencana Global

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 30 Jul 2021 16:53 WIB
Nama Tempat Paling Panjang di Dunia
Selandia Baru. Foto: Instagram
Jakarta -

Jakarta terancam tenggelam. Namun, bencana skala luar biasa bisa saja muncul di masa depan seperti pemanasan ekstrem, banjir besar, kelaparan atau pandemi mengerikan. Nah, jika terjadi bencana yang menimpa seluruh dunia, lokasi mana yang dinilai paling aman untuk menghindar?

Nah menurut penelitian dari Global Sustainability Institute, Anglia Ruskin University, negara Selandia Baru disebut paling tangguh dalam menghadapi ancaman masa depan. Lokasi paling aman berikutnya adalah Islandia, Inggris, Pulau Tasmania di Australia dan Irlandia.

Untuk selamat dari bencana global atau misalnya kerusuhan, dikelilingi oleh air merupakan keuntungan besar. Lokasi-lokasi tersebut bisa aman dari potensi migrasi massal dari negara lain yang kena bencana.

Selandia Baru memang sudah cukup lama dianggap tempat berlindung yang baik, negaranya maju dan lokasinya terpencil. Dalam penelitian ini, periset menggunakan beberapa kriteria untuk menentukan tempat paling aman itu, selain faktor lokasi yang terlindungi.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, Jumat (30/7/2021) faktor seperti kemandirian bangsa, infrastruktur energi dan manufaktur, tingkat populasi dan seberapa banyak tanah yang subur untuk pertanian. Kemudian juga jaraknya dari lokasi berpopulasi besar, yang berpotensi terjadi bencana di sana.

"Kami menganalisis 20 negara paling top dalam daftar Notre Dame Global Adaptation Index. Kami mempertimbangkan faktor yang terkait dengan kemampuan untuk tetap bertahan dari kondisi kolaps, jika benar-benar terjadi," sebut profesor Aled Jones, salah satu peneliti.

Lima peringkat teratas itu dipandang dapat mempertahankan level sosial, teknologi dan organisasi meskipun ada bencana global. Kemudian kondisi cuacanya relatif stabil untuk bertahan dari dampak perubahan iklim.

Selandia Baru menempati ranking teratas karena punya kemampuan terbaik dalam memproduksi energi geothermal dan hydroelectric. Kemudian tanah pertaniannya berlimpah serta populasinya masih rendah.



Simak Video "Masalah Perubahan Iklim yang Makin Bikin Ketar-ketir"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)