Horor Stasiun Luar Angkasa Internasional Mendadak Miring di Orbit

Horor Stasiun Luar Angkasa Internasional Mendadak Miring di Orbit

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 30 Jul 2021 13:00 WIB
This photo provided by Roscosmos Space Agency Press Service, shows the Nauka module during the docking with the International Space Station on Thursday, July 29, 2021. Russias long-delayed lab module successfully docked with the International Space Station on Thursday, eight days after it was launched from the Russian space launch facility in Baikonur, Kazakhstan. The 20-metric-ton (22-ton) Nauka module, also called the Multipurpose Laboratory Module, docked with the orbiting outpost after a long journey and a series of maneuvers.(Roscosmos Space Agency Press Service photo via AP)
Stasiun Luar Angkasa Mendadak Miring di Orbit, Ada Apa? Foto: AP/
Jakarta -

International Space Station (ISS) mendadak miring di orbit. Hal ini dikarenakan modul Nauka milik Rusia yang baru saja bersandar di ISS dan tiba-tiba menyalakan mesin pendorongnya.

Modul Nauka tiba di ISS pada Kamis (29/7) setelah menempuh perjalanan selama delapan hari di orbit. Sekitar tiga jam setelah proses docking selesai, kosmonaut Oleg Novitsky dan Pyotr Dubrov bersiap untuk membuka lubang palka yang menghubungkan Nauka dengan modul Zvezda tempatnya merapat.

Tiba-tiba, pada pukul 12.45 waktu Amerika bagian timur, mesin pendorong Nauka secara tidak sengaja dan tidak terduga. Akibatnya, ISS sempat kehilangan 'attitude control' atau kontrol sikap.

Kejadian kehilangan kontrol seperti ini cukup langka. Tapi untungnya tujuh astronaut yang ada di ISS saat ini dalam keadaan aman dan stasiun kembali terkendali.

"Awak tidak dalam bahaya, tidak pernah dalam bahaya dan kontrol sikap telah kembali terkendali," kata juru bicara NASA Rob Navias dalam konferensi pers, seperti dikutip dari Space, Jumat (30/7/2021).

Saat Nauka menyalakan mesin pendorongnya, posisi ISS sempat miring hingga 45 derajat dari orientasi seharusnya sebelum berhasil dikendalikan. NASA mengatakan ISS sempat kehilangan kontrol selama sekitar 47 menit.

ISS secara otomatis mendeteksi saat mesin pendorong Nauka tiba-tiba aktif. Mesin pendorong dari modul Zvezda yang ada di sisi lain ISS kemudian dinyalakan untuk melawan dorongan dari Nauka.

Program Manager NASA untuk ISS Joel Montalbano mengatakan awak astronaut sempat melihat tanda-tanda saat modul Nauka menyalakan mesinnya. Ia memastikan para astronaut tidak merasakan goncangan saat kejadian ini berlangsung.

"Awak melaporkan melihat beberapa puing -- beberapa, saya dengar. Mereka menyebutkan serpihan atau sesuatu; kami duga itu berasal dari jet yang menyala," kata Montalbano.

Setelah ISS kembali ke posisi yang sesuai, teknisi Nauka di Rusia langsung bekerja untuk memastikan mesin pendorongnya tidak akan menyala secara tiba-tiba lagi. Badan antariksa Rusia Roscosmos akan menyelidiki apa yang menyebabkan mesin pendorong Nauka tiba-tiba aktif.

Nauka adalah modul buatan Rusia yang akan menjadi tempat melakukan aktivitas sains, tempat tinggal awak dan kendaraan kargo, dan menjadi markas bagi kosmonaut yang melakukan spacewalk. Modul ini diluncurkan pada 21 Juli dan dalam perjalanannya ke ISS sempat mengalami masalah dengan sistem propulsinya.



Simak Video "Rusia Akhirnya Kirim 'Nauka' ke Luar Angkasa Usai Tertunda 14 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)