Penampakan Cahaya Aneh di Belakang ISS Dikira UFO, Ternyata...

Penampakan Cahaya Aneh di Belakang ISS Dikira UFO, Ternyata...

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 17 Jul 2021 22:15 WIB
lampu nelayan dikira UFO
Penampakan Cahaya Aneh di Belakang ISS Dikira UFO, Ternyata... Foto: Screenshot/Reddit
Jakarta -

Rekaman video live feed dari International Space Station (ISS) belum lama ini viral di Reddit. Video tersebut memperlihatkan gerombolan cahaya misterius yang terlihat melayang mendekati ISS.

Video itu diunggah di r/UFO, salah satu forum tentang UFO terbesar di Reddit. Dalam video tersebut terlihat dua kluster cahaya yang sangat cerah bergerak dari kiri layar ke arah kanan layar.

"Bisakah seseorang menjelaskan apa yang baru saja saya lihat di live feed YouTube ISS?" tanya pengguna Reddit u/tyrannosnorlax dalam forum itu, seperti dikutip dari Futurism, Sabtu (17/7/2021).

Meski terlihat seperti gerombolan UFO yang siap menyerbu Bumi, ternyata kumpulan cahaya itu bukanlah benda luar angkasa. Kamera ISS yang mengambil video itu mengarah ke Bumi dan cahaya itu merupakan aktivitas manusia di Bumi.

Lebih tepatnya, gerombolan cahaya itu kemungkinan datang dari rombongan kapal pencari cumi-cumi yang menggunakan lampu super terang untuk menarik perhatian buruan mereka, jelas pengguna Reddit u/AlphazeroOneTwo dalam balasannya.

Dalam postingan blog yang diunggah pada tahun 2013, NASA pernah menjelaskan fenomena lampu kapal nelayan ini dengan menggunakan foto yang diambil oleh astronaut ISS sebagai contoh.

"Para nelayan kemungkinan menarik Todarodes pacificus -- spesies yang dikenal sebagai cumi terbang Jepang -- ke permukaan menggunakan lampu xenon yang terang," tulis NASA dalam blognya.

lampu nelayan dikira UFOLampu kapal nelayan di Teluk Tsushima antara Jepang dan Korea Selatan Foto: NASA

Setelah mencari tahu sendiri, u/tyrannosnorlax juga mengakui cahaya yang ia lihat itu kemungkinan besar berasal dari kapal nelayan dan bukan penampakan UFO.

"Meski situs yang pertama yang kaitkan dalam update pertama memiliki beberapa contoh yang terlihat mirip dengan ini, lampu nelayan cumi-cumi adalah penjelasan paling masuk akal, sejauh ini," katanya.

Obsesi netizen terhadap UFO belakangan ini memang meningkat. Apalagi setelah beberapa video hasil rekaman pilot Amerika Serikat yang memperlihatkan penampakan UFO sempat viral.

Badan intelijen AS belum lama ini merilis hasil investigasinya tentang deretan penampakan yang diduga UFO tersebut. Dalam laporannya, mereka tidak bisa menjelaskan asal-usul objek dalam penampakan tersebut.



Simak Video "Ada Penampakan UFO Saat Astronaut ISS Live Video?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)