Bagian Dalam Planet Mars Akhirnya Terkuak

Bagian Dalam Planet Mars Akhirnya Terkuak

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 25 Jul 2021 21:32 WIB
Interior Planet Mars
Interior Planet Mars. Foto: BBC
London -

Struktur bagian dalam atau internal Planet Mars akhirnya terkuak berkat data gempa yang dikumpulkan oleh rover robotika milik NASA, InSight, sejak tahun 2019.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Minggu (25/7/2021) ketebalan rata-rata kerak Planet Mars adalah antara 24 sampai 72 kilometer, yang berarti lebih tipis dari perkiraan sebelumnya.

Paling menarik adalah ukuran inti Planet Mars. Radiusnya 1.830 kilometer, berada di sisi atas perkiraan ilmuwan. Ini adalah kali pertama sains dapat memetakan internal Mars. Memang pengukuran serupa sudah dilakukan untuk Bulan, akan tetapi skala Mars jauh lebih besar.

Adapun mantel Mars, yang terletak di antara intinya dan kerak, ukurannya berada di kisaran 1.560 kilometer. Komposisinya berbeda dengan Bumi, sehingga diperkirakan kedua planet berasal dari material berbeda ketika terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Dengan informasi ini, maka ilmuwan dimungkinkan untuk memahami formasi dan evolusi planet selain Bumi. Cara meriset internal Planet Mars sama dengan Bumi yaitu dengan memantau sinyal dari gempa di mana di Mars, pemantauan itu dilakukan oleh rover InSight.

"Kami untuk pertama kalinya bisa melihat kedalaman planet lain dengan menggunakan seismologi dan apa yang kita lihat di Mars adalah inti yang besar dan ringan dari yang diperkirakan. Hal ini cukup memberitahu tentang bagaimana planet berkembang dalam waktu geologi," kata Profesor Tim Pike dari Imperial College London, salah satu penelitinya.

Pencapaian InSight pun disebut luar biasa lantaran gempa di Planet Mars sangat kecil dibandingkan dengan Bumi, tidak pernah mencapai di atas Magnitude 4.

"Marsquake sangat sangat kecil. Maka jauh lebih menantang dibandingkan melakukan seismologi di Bumi. Jadi ketika data ini keluar dan bisa untuk melihat kedalaman planet dengan data itu, hal ini cukup impresif," cetusnya.



Simak Video "Kalau Wisata ke Planet Mars, Destinasinya Kemana Aja Ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)