Peringatan Indonesia UFO Day 2021 Ditiadakan Karena COVID-19

Peringatan Indonesia UFO Day 2021 Ditiadakan Karena COVID-19

Jauh Hari Wawan S - detikInet
Minggu, 25 Jul 2021 13:03 WIB
Kegiatan Indonesia UFO Day 2020
Peringatan Indonesia UFO Day 2020 silam (Foto: Indonesia UFO Network)
Yogyakarta -

Kasus harian COVID-19 masih tinggi. Imbasnya kegiatan penelitian dan riset bidang astronomi yang dilakukan oleh Indonesia UFO Network (IUN) ditunda.

Ya, kegiatan IUN itu berupa Perayaan Hari UFO Indonesia atau Indonesia UFO Day 2021 resmi ditunda. Direktur Indonesia Space Science Society (ISSS) dan perwakilan dari Indonesia UFO Network (IUN) Venzha Christ mengatakan penundaan itu untuk menghormati pada korban COVID-19 di Indonesia yang terus meningkat dan juga turut serta mendukung masa PPKM yang sedang berlangsung.

"Untuk peringatan Hari UFO Nasional atau sering disebut dengan Indonesia UFO Day yang jatuh pada setiap tanggal 21 juli, pada tahun 2021 kali ini disepakati untuk ditiadakan peringatannya," kata Venzha kepada wartawan, Jumat (23/7/2021) kemarin.

Acara tahunan ini biasanya dilakukan dengan pertemuan anggota Indonesia UFO Network (IUN), workshop, dan beragam kegiatan lainnya. Seperti perayaan Indonesia UFO Day 2020.

"Peringatan Indonesia UFO Day saat itu berupa kunjungan riset dan kegiatan observasi ke LAPAN Garut, atau lengkapnya Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut (BUTPAA) Garut," jelasnya.

Venzha menambahkan, Indonesia UFO Day menjadi salah satu upaya untuk membuat simpul bagi para penggemar fenomena UFO baik amatir maupun profesional. Seperti masyarakat sains perbintangan, periset bidang Antariksa, serta yang berkaitan dengan Space Science.

Setahun sekali, kata Venzha, diadakan gathering, sharing informasi, serta berkumpul berbagi pandangan dan perkembangan di setiap bidang yang digelutinya. Sementara untuk tahun ini, pihaknya akan melakukan penjadwalan ulang untuk kegiatan Indonesia UFO Day 2021.

"Untuk kegiatan tahun ini akan menunggu situasi dan perkembangan masa pandemi di tanah air," jelasnya.

Penjadwalan ulang akan ditargetkan pada bulan Desember 2021. Hal ini bersamaan dengan Groundbreaking VMARS (v.u.f.o.c Mars Analogue Research Station), serta rangkaian workshop oleh HONF Foundation dan v.u.f.o.c.

Lebih lanjut, Venzha menjelaskan IUN adalah sebuah platform terbuka yang terbentuk pada Mei 2019 di HONF Foundation Yogyakarta. Ada 11 komunitas dan institusi yang hadir dalam pembentukan IUN.

Pendiri IUN, Venzha Christ, Nur Agustinus dari BETAUFO, dan Setyawan Haryanto dari Indonesian UFO Hunters mendeklarasikan IUN sebagai platform lintas komunitas dan institusi yang aktif melakukan riset, pertukaran informasi dalam bidang astronomi, ET, SETI, UFO, sejarah peradaban, space art, space science hingga sebagai pusat pembelajaran.

Momentum itu menjadi cikal bakal berkumpulnya komunitas dan institusi se-Indonesia pada Juli 2019. Bersamaan dengan digelarnya International SETI Conference #4 di IFI-LIP pada 20-21 Juli 2019, Hari UFO Indonesia pun dideklarasikan dan diperingati setiap tanggal 21 Juli.

"Indonesia UFO Day merupakan salah satu upaya untuk menghubungkan para penggemar fenomena UFO baik amatir maupun profesional," pungkasnya.



Simak Video "Heboh Penampakan UFO, Militer AS Akan Sampaikan Laporan ke Kongres"
[Gambas:Video 20detik]
(skm/fay)