Cara Mudah Deteksi Kilatan Cahaya yang Muncul di Langit

Cara Mudah Deteksi Kilatan Cahaya yang Muncul di Langit

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 22 Jul 2021 08:20 WIB
Cahaya hijau diduga meteor jatuh di langit Yogyakarta, Senin (12/7/2021) malam.
Foto: dok. Aryo Kamandanu
Jakarta -

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan panduan mudah untuk membedakan fenomena cahaya yang muncul di langit. Jadi, sebagai astronom amatir, kalian bisa ikut mengamati ketika ada fenomena seperti ini.

"Selama kurang lebih setengah tahun terakhir Indonesia sering dibuat heboh dengan adanya fenomena cahaya di langit, seperti yang baru-baru ini terjadi di Yogyakarta," kata peneliti LAPAN Andi Pangerang, dikutip dari website resmi LAPAN.

Kilatan cahaya hijau menyerupai meteor yang jatuh di langit Yogyakarta tersebut menjadi viral, setelah fotonya tersebar di media sosial. Kabarnya, foto itu diambil oleh seorang pelajar bernama Aryo Kamandanu yang mengunggah foto tersebut ke akun Instagram miliknya, dan kemudian di-repost banyak akun media sosial lain.

"Kilatan berwarna hijau di langit Yogyakarta itu merupakan meteor sporadis. Perbedaan mendasar meteor sporadis dengan hujan meteor adalah jika hujan meteor selalu tampak beberapa kali sekali setiap jam dan berasal dari titik radian (titik kemunculan hujan meteor) yang sama. Sedangkan meteor sporadis tidak selalu muncul beberapa kali setiap jam dan tidak berasal dari titik radian yang sama," urai Andi.

Bagaimana sebenarnya cara untuk membedakan fenomena-fenomena tersebut? Sebagai panduan, peneliti Pusat Sains dan Antariksa (Pussainsa) LAPAN Abdul Rachman membuat panduan sederhana untuk memudahkan dalam memahami dan membedakan fenomena-fenomena tersebut.

Nah, dalam hal ini LAPAN pun mengajak PPKM. Bukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, melainkan Pelan-Pelan Kita Membedakan (PPKM) cahaya yang muncul di langit yang bisa dilihat dalam infografis di bawah ini.

infografis lapan

Atau, kalian juga bisa langsung mengunduh versi resolusi tingginya dengan klik tautan berikut ini. Selamat mencoba!



Simak Video "Deretan Fenomena Astronomi yang Terjadi Pekan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)