Terbang ke Luar Angkasa, Jeff Bezos: Pengalaman yang Mendalam

Terbang ke Luar Angkasa, Jeff Bezos: Pengalaman yang Mendalam

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 21 Jul 2021 15:42 WIB
Blue Origin Jeff Bezos
Terbang ke Luar Angkasa, Jeff Bezos: Pengalaman yang Mendalam Foto: AP
Jakarta -

Jeff Bezos akhirnya mewujudkan impian masa kecilnya untuk terbang ke luar angkasa. Sepulangnya dari luar angkasa, Bezos mengatakan perjalanan ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan hampir tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Dalam wawancara dengan CNN setelah mendarat, pendiri Amazon ini mengatakan melihat Bumi dari kapsul New Shepard merupakan pengalaman yang mendalam karena ia menyadari betapa rapuhnya atmosfer Bumi.

"Hal yang paling berbeda bagi saya adalah pemandangan Bumi. Itu adalah hal yang paling mengejutkan bagi saya," kata Bezos, seperti dikutip dari CNN, Rabu (21/7/2021).

"Anda ke atas sana, dan itu sangat kecil ... Ini adalah sesuatu yang kecil, dan rapuh dan ... menekankan poin yang kita ketahui secara teoritis, bahwa kita harus berhati-hati dengan atmosfer Bumi," sambungnya.

Bezos kemudian mengusulkan sesuatu yang sangat ambisius untuk menjaga Bumi tetap bersih dan aman bagi penghuninya, yaitu dengan memindahkan industri berat dan industri yang mencemari lingkungan ke luar angkasa.

Pria terkaya di dunia ini mengatakan penerbangan Blue Origin ini diharapkan bisa menjadi pondasi bagi generasi masa depan untuk mewujudkan idenya tersebut. Ia juga sadar bahwa untuk mewujudkan mimpinya ini bisa membutuhkan waktu hingga beberapa dekade.

"Jadi kita bisa menjaga planet yang seperti permata ini sebagaimana adanya, bukannya merusaknya, yang sayangnya mungkin akan kita lakukan," jelas Bezos.

Dalam penerbangan berawak pertama yang dilakukan oleh Blue Origin, Bezos dan tiga awak lainnya juga sempat menghabiskan sekitar tiga menit melayang di gravitasi nol. Dalam penerbangan ini, Bezos ditemani oleh saudaranya Mark, pionir penerbangan Wally Funk, dan mahasiswa fisika Oliver Daemen.

Bezos mengatakan ia dan penumpang lainnya sempat bermain-main dengan melempar permen ke udara dan menangkapnya dengan mulut. Pria berusia 57 tahun ini mengaku melayang di gravitasi nol terasa berbeda dari apa yang ia bayangkan.

"Zero-G tentu saja berbeda dari yang saya pikirkan. Tapi bergerak di kondisi seperti itu terasa alami, tidak seperti yang saya duga," pungkasnya.

Seperti diketahui, Bezos dan tiga awak misi First Human Flight terbang menggunakan roket New Shepard pada Selasa (20/7) pagi waktu Texas. Mereka terbang hingga ketinggian 100 km dan durasi penerbangan ini berlangsung selama 11 menit dari lepas landas hingga pendaratan.



Simak Video "Persiapan Jeff Bezos Jelang Perjalanan ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)