Blue Origin Dapat Izin, Jeff Bezos Siap Gelar Wisata Luar Angkasa

Blue Origin Dapat Izin, Jeff Bezos Siap Gelar Wisata Luar Angkasa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 14 Jul 2021 20:13 WIB
Blue Origin
Foto: Michael Franco/New Atlas
Jakarta -

Kabar baik akhirnya menghampiri Jeff Bezos. Perusahaan antariksa besutannya, Blue Origin, baru saja mendapatkan restu untuk membawa manusia merasakan pengalaman wisata luar angkasa.

Blue Origin baru saja mengantongi izin dari regulator penerbangan Amerika Serikat, yakni Federal Aviation Administration (FAA). Sebagaimana dikutip dari Mashable, Rabu (14/7/2021) FAA mempersilakan kepada Blue Origin untuk membawa penumpang ke luar angkasa menggunakan pesawat New Shepard.

Pada 20 Juli 2021 mendatang, Jeff Bezos akan menyusul capaian dari Richard Branson dengan Virgin Galactic. Bezos akan terbang ke antariksa bersama saudaranya Mark Bezos, pilot wanita senior berusia 82 tahun Wally Funk, dan satu penumpang misterius yang sudah menang lelang Rp 397 miliar.

Pemilihan tanggal 20 Juli sudah dipilih jauh-jauh hari oleh Blue Origin, karena mereka ingin mengambil momentum peringatan 52 tahun peringatan misi Apollo 11 di Bulan.

Adapun, ini akan menjadi penerbangan berawak pertama yang dilakukan oleh roket New Shepard. Roket ini akan terbang ke ketinggian 100 km yang merupakan batas antara Bumi dan luar angkasa.

Bezos, Mark, Funk dan penumpang misterius akan menikmati pemandangan dan merasakan sensasi melayang selama beberapa menit di dalam kapsul penumpang, sebelum kembali ke Bumi menggunakan parasut.

Sebelumnya, persaingan antara Blue Origin dan Virgin Galactic sempat mencuat beberapa waktu lalu.

Kedua pesawat antariksa andalan masing-masing memang menawarkan pengalaman wisata luar angkasa sampai di ketinggian suborbital. Tetapi, Blue Origin mengatakan roket dan kapsul New Shepard akan membawa turis luar angkasa hingga ketinggian 100 km, sedangkan Virgin Galactic hanya sampai ketinggian 80 km.



Simak Video "Jawaban Jeff Bezos soal Kritikan Wisata ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)