Cakep! Bocah 16 Tahun Jepret Foto Bulan Paling Jelas

Cakep! Bocah 16 Tahun Jepret Foto Bulan Paling Jelas

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 12 Jul 2021 11:25 WIB
Fenomena bulan purnama penuh merah muda terlihat dari langit Jakarta, Selasa (27/4/2021). Yuk lihat kecantikannnya.
Ilustrasi Bulan (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Foto Bulan sudah tersebar luas di internet. Namun siapa sangka, bocah 16 tahun mampu memotret Bulan dalam kondisi paling jelas.

Dia adalah Prathamesh Jaju yang masih berusia 16 tahun. Remaja asal Pune, India, baru-baru ini membuat negaranya bangga setelah foto Bulan yang karyanya diakui dunia internasional sebagai foto yang paling jelas pernah ada.

Foto Bulan hasil jepretan Jaju ini tidak gampang. Butuh proses hingga memakan 38-40 jam menciptakan mahakarya tersebut.

Itu dikarenakan, Jaju menjahit dari 50.000 foto Bulan yang kemudian menjadi satu foto fenomenal, sebuah Bulan yang paling jelas.

"Saya mengambil foto pada 3 Mei pukul 1 pagi, saya mengambilnya selama sekitar empat jam dengan video dan gambar. Butuh waktu 38-40 jam untuk diproses," tutur Jaju kepada kantor berita India dikutip dari Mashable, Senin (12/7/2021).

Kenapa Jaju harus memotret sebanyak 50.000 foto? Ia mengungkapkan puluhan ribu foto tersebut ia potret untuk menciptakan foto Bulan yang paling jelas.

"Alasan di balik 50.000 gambar adalah untuk mendapatkan gambar Bulan yang paling jelas. Ketika saya menjahitnya bersama, file tersebut akhirnya mencapai 600 MB," ungkapnya.

Saat mengerjakan proyeknya ini, Jaju mengungkapkan bahwa laptopnya hampir mati karena memproses lebih dari 186 GB data.

Lebih mengejutkan, di usianya belia, Jaju belajar menjepret Bulan ini secara otodidak dan mempelajari segalanya dari membaca artikel dan menonton di YouTube.

Hasil dari usahanya itu, Jaju memamerkannya di akun Instagram miliknya @prathameshjaju yang kini sudah mendapat puluhan ribu likes.

[Gambas:Instagram]



Meski baru sebatas hobi, Jaju menyebut diriya sebagai astrografer pemula yang punya cita-cita menjadi astrofisikawan dan belajar astronomi secara profesional suatu saat nanti.



Simak Video "Ada Cita-cita Menerbangkan Astronaut Indonesia ke Luar Angkasa, tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)