Live Streaming Richard Branson Salip Jeff Bezos ke Antariksa

Live Streaming Richard Branson Salip Jeff Bezos ke Antariksa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 09 Jul 2021 15:30 WIB
Richard Branson dan Formula E
Richard Branson. Foto: CNN
Jakarta -

Lusa, Richard Branson akan menyalip Jeff Bezos pergi ke luar angkasa. Bagi kalian yang ingin menyaksikan momen bersejarah tersebut, bisa menontonnya secara live streaming.

Branson ke antariksa menggunakan VSS Unity yang diangkut oleh pesawat SpaceShipTwo milik Virgin Galactic. Pria berumur 70 tahun itu akan mengangkasa bersama kru Unity 22 dari Spaceport America, New Mexico, Amerika Serikat.

Mengingat kondisi masih dalam berlangsungnya pandemi, kalian bisa jadi saksi sejarah warga sipil ke luar angkasa secara live streaming, melalui laman space.com atau channel YouTube Virgin Galactic.

Dikutip dari Space, Jumat (9/7/2021) belum diketahui waktu penerbangan secara rinci Branson Cs ini lepas landas. Namun yang pasti, live streaming sudah dibuka sejak 09.00 EDT atau 20.00 WIB pada Minggu (11/7/2021).

Alurnya, VSS Unity akan dibawa di atas ketinggian 50 ribu kaki (15 ribu meter) dari permukaan, setelah itu pesawat tersebut akan dilepaskan dan meroket ke luar angkasa.

Secara total, waktu penerbangan sampai mendarat kembali menghabiskan waktu sekitar 90 menit. Sedangkan, awak yang berada di VSS Unity merasakan tanpa bobot alias melayang itu berlangsung empat menit.

Untuk diketahui, Bezos lebih dulu mengumumkan kalau ia akan terbang ke luar angkasa dalam penerbangan berawak pertama Blue Origin pada 20 Juli. Tapi pekan lalu Richard Branson mengumumkan bahwa ia akan pergi ke luar angkasa pada 11 Juli, sembilan hari lebih awal dari penerbangan Bezos.

Meski Virgin Galactic dan Blue Origin sama-sama menawarkan penerbangan sub-orbital, tapi perjalanan yang ditawarkan kedua perusahaan ini memiliki banyak perbedaan.

Misalnya, Blue Origin akan menerbangkan penumpangnya menggunakan roket dan kapsul, sedangkan Virgin Galactic menggunakan VSS Unity yang bentuknya mirip seperti pesawat. Penerbangan Blue Origin juga akan mencapai titik yang lebih tinggi ketimbang Virgin Galactic.

Mulai tahun depan, Virgin Galactic berharap bisa menerbangkan 50 penumpang ke luar angkasa. Perusahaan ini telah mendapatkan lampu hijau dari Federal Aviation Administration untuk menerbangkan penumpang dalam penerbangan komersial ke luar angkasa.

Selain Richard Branson, Virgin Galactic juga sudah menerima banyak pesanan tiket dari sosok ternama seperti Tom Hanks, Justin Bieber, dan Lady Gaga. Saat ini sudah ada 700 orang yang mendaftar untuk mengikuti wisata Virgin Galactic dengan harga tiket mulai dari USD 250.000.



Simak Video "Cerita Para Miliarder Dunia Berlomba Tamasya ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)