Ngeri, Ada Buaya Raksasa yang Bisa Makan Dinosaurus

Ngeri, Ada Buaya Raksasa yang Bisa Makan Dinosaurus

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 01 Jul 2021 05:45 WIB
Sarcosuchus imperator
Ilustrasi buaya raksasa. Foto: YouTube
Jakarta -

Buaya raksasa pernah menebar teror di masa dinosaurus masih ada dahulu kala. Ilmuwan menyebut dengan nama ilmiah Sarcosuchus imperator.

Disebut juga buaya super, besarnya memang tak main-main. Pada saat ini, buaya air asin merupakan spesies reptil terbesar dengan gigitan terkuat. Panjang betina bisa sampai 3 meter dan jantan sampai 6 meter.

Namun dibandingkan Sarcosuchus imperator, buaya air asin tidak ada apa-apanya. Ia benar-benar monster dengan panjang diperkirakan 9,5 sampai 12 meter. Akan tetapi sebenarnya, buaya ini juga bukan jenisnya yang paling besar.

"Ada buaya raksasa dulu hidup di Amazon. Mereka punah antara 5 sampai 10 juta tahun silam. Mungkin saja mereka ini adalah buaya terbesar yang pernah diketahui. Pada masa Sarcosuchus imperator, ada juga buaya lain yang mungkin ukurannya sama di laut," kata Dr Mark Young, ahli paleontologi dari University of Edinburgh.

Sarcosuchus imperator hidup pada sekitar 113 juta tahun silam, pada masa awal periode kapur. Kebanyakan spesimen buaya ini ditemukan di wilayah Niger, Afrika Barat. Pada masanya dulu, mereka hidup dengan beberapa jenis dinosaurus.

Mereka sepertinya makan apa saja. "Pada saat mencapai ukuran bodi maksimum, mereka mungkin akan memakan apa saja," kata Young yang dikutip detikINET dari BBC, Kamis (1/7/2021).

Apa saja mangsa yang dimakannya memang tidak bisa ditentukan dengan pasti. Akan tetapi ada kemungkinan ada dinosaurus yang dimakannya.

"Tidak begitu jelas apakah mereka bisa menangkap dinosaurus atau hanya ikan besar di sungai. Mungkin saja saat mencapai ukuran besar, mereka melakukan keduanya. Tapi pada saat kecil, mereka memakan ikan di sistem sungai," papar Young.

Tidak ada spesies buaya modern yang merupakan keturunan langsung dari Sarcosuchus imperator. Maka, karena cabang spesiesnya berbeda, sulit ditemukan padanannya di zaman ini.



Simak Video "Buaya 2 Meter Hebohkan Warga Tuban, Ternyata Kabur dari Kandang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)