Legenda Ikan Sura Lawan Buaya Terjadi Dunia Nyata

Legenda Ikan Sura Lawan Buaya Terjadi Dunia Nyata

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 27 Nov 2020 13:40 WIB
Buaya Lawan Hiu
Buaya berhadapan dengan hiu. Foto: YouTube
Australia -

Tugu Sura dan Buaya yang terkenal di Surabaya, mengisahkan legenda ikan hiu sura dan buaya yang bertarung. Nah, kejadian yang cukup mirip terjadi di dunia nyata, di mana seekor buaya jumbo terekam video mengintimidasi seekor hiu banteng.

Rekaman viral dari drone tersebut menangkap momen buaya yang panjangnya diperkirakan sekitar 5 meter, berhadapan dengan hiu banteng. Peristiwa ini terjadi di sungai dangkal wilayah Kimberley, Australia Barat.

Dikutip detikINET dari Newsweek, Jumat (27/11/2020) dalam video bisa disaksikan hiu banteng itu berenang tapi dihadang oleh buaya tersebut. Si buaya yang amat besar membuat hiu itu waspada.

Buaya itu tampak tidak bergerak sementara si hiu berenang sampai cukup dekat. Mungkin karena menyadari dalam bahaya, si hiu memutuskan untuk berbelok arah saja dan menghindari konfrontasi dengan reptil jumbo tersebut.

Setelahnya, buaya melaju ke depan, mungkin untuk mencari makanan. Sedangkan si hiu yang menjauh tidak terlihat lagi di dalam video.

Pasangan kekasih bernama Chelsea dan Bryce Wood adalah orang yang mengupload video tersebut ke YouTube karena kebetulan merekam pemandangan langka hiu berhadapan dengan buaya dengan drone yang mereka terbangkan. Mereka sedang memancing di daerah itu.

Tidak jauh dari pertemuan buaya dan si hiu, ada beberapa orang memancing, bahkan anak-anak yang berenang, di mana mereka tidak menyadari ada bahaya mengintai. Perairan Australia memang terkenal banyak dihuni oleh buaya, bahkan juga hiu.

"Ada banyak orang memancing dan anak-anak berenang di perairan itu. Kami juga ada di sana, hanya beberapa meter dari tempat buaya itu, kami hanya meniru tingkah warga lokal. Ketika melihat apa yang direkam oleh drone kami, kami cukup terkejut dan juga orang-orang di situ," kata Wood.

Video mereka pun jadi viral dan saat ini telah disaksikan ratusan ribu kali di YouTube. Buaya yang mereka rekam merupakan reptil terbesar di dunia sedangkan hiu banteng paling banter panjangnya 2 meter. Maka sudah benar si hiu menghindari konfrontasi dengan si buaya.

Netizen pun ramai memberikan tanggapannya. "Jika mereka bertarung, tentu aku akan bertaruh untuk buaya itu," "Sudah pasti jika mereka tarung, buaya itu akan menang," begitu sebagian komentar online. Berikut videonya:

(fyk/fay)