India Andalkan Drone Buat Distribusi Vaksin COVID-19

India Andalkan Drone Buat Distribusi Vaksin COVID-19

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 24 Jun 2021 10:45 WIB
Ilustrasi Drone
India Manfaatkan Drone untuk Distribusi Vaksin COVID-19. Foto: Photo by Diana Măceşanu on Unsplash
Jakarta -

Pengiriman vaksin COVID-19 menggunakan drone diyakini akan sangat membantu distribusi pasokan penting tersebut hingga ke pelosok. Inilah yang dilakukan India agar vaksin menjangkau wilayah terpencil.

HLL Infra Tech Services Limited, atas nama Indian Council of Medical Research (ICMR) menyatakan kesediaannya untuk membantu pengiriman pasokan medis berupa vaksin atau obat menggunakan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) alias drone di lokasi tertentu di India.

Perusahaan ini menyebutkan, ICMR akan melibatkan operator UAV untuk beroperasi di luar garis visual situs (beyond visual line of site/BVLOS) di jalur penerbangan tetap yang telah ditentukan atau disetujui sebelumnya untuk memberikan vaksin COVID-19. Pihaknya juga telah menguraikan tata cara bagi pihak-pihak berkepentingan untuk mengajukannya.

Dikutip dari Hindustan Times, HLL telah memberikan spesifikasi untuk UAV yang dibutuhkan. Sesuai catatan perusahaan, drone harus mampu menempuh jarak udara minimal 35 km pada ketinggian vertikal minimal 100 meter, lepas landas secara vertikal dan membawa muatan minimal 4 kg, serta mampu kembali ke home base.

Sementara itu, perusahaan e-commerce Flipkart pada hari Jumat mengatakan telah bermitra dengan pemerintah Telangana untuk pengiriman vaksin COVID-19 dan pasokan penting lainnya menggunakan drone di bagian terpencil di salah satu negara bagian India tersebut. Sebelum meluncurkan proyek "medicine from the sky", dilakukan proyek percontohan selama enam hari Telangana.

"Menggunakan drone untuk mengirimkan pasokan perawatan kesehatan kepada orang-orang di daerah terpencil dan tidak dapat diakses adalah inisiatif unik yang pernah dilakukan di negara kami dan kami dengan senang hati memimpin inisiatif ini bekerja sama dengan mitra seperti Flipkart," kata Jayesh Ranjan, Sekretaris Utama Pemerintah Telangana.

Dia menambahkan, hal tersebut akan sangat membantu dalam menguji solusi teknologi terbaik di kelasnya untuk mengatasi krisis di masa depan.



Simak Video "Epidemiolog Jelaskan soal Heboh Turunnya Efikasi Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)