Perseverance Mulai Aktif Cari Tanda Kehidupan di Mars

Perseverance Mulai Aktif Cari Tanda Kehidupan di Mars

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 20 Jun 2021 07:30 WIB
Perseverance dan Ingenuity
Perseverance Mulai Aktif Cari Tanda Kehidupan di Mars. Foto: NASA
Jakarta -

Perseverance NASA mulai aktif mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba di Mars. Robot ilmuwan beroda enam ini menjelajahi debu Mars ke empat tempat berbeda.

Di sektor 1,5 mil persegi dasar danau Kawah Jezero, Perseverance akan menggali sampel yang dianggap ideal untuk dipelajari. Selanjutnya, sampel nantinya akan dimasukkan ke dalam tabung dan disimpan di atas rover ini selama beberapa tahun sampai misi masa depan dapat mengembalikannya ke Bumi dengan aman untuk diteliti.

Seperti dikutip dari Fierce Electronics, merupakan sebuah kebanggaan besar bagi NASA jika misinya, terutama yang berkaitan dengan penelitian sains, membedakannya dari kepentingan komersial SpaceX dan Blue Origin.

Karenanya, dalam hampir setiap tweet, video, dan konferensi pers dari NASA dan JPL, cenderung berfokus pada lembaga akademis atau entitas yang bermitra dalam penelitiannya.

Seringkali, NASA akan menjelaskan beberapa prinsip atau usaha ilmiah untuk audiens global ilmuwan sipil, termasuk anak-anak sekolah. Baru-baru ini, NASA menciptakan panorama permukaan yang terdiri dari 992 gambar individu dan 2,4 miliar piksel yang dapat dinavigasi melalui internet. Ini termasuk grafik untuk menunjukkan arah dan fitur yang tidak biasa seperti dapat dilihat pada video di bawah ini:

[Gambas:Youtube]

Tim misi Perseverance pertama-tama akan mengarahkan rover ke pemandangan indah untuk mensurvei fitur geologi lama di kawah Jezero sambil mengambil dan mengumpulkan sampel menggunakan kemampuan navigasi Perseverance yang lebih otomatis.

Tujuan dari penjelajahan pertama Perseverance adalah untuk memilih empat lokasi yang paling menggambarkan sejarah geologi awal Jezero. Ketika tim sains mengamati dengan kamera canggih Perseverance bahwa lokasinya tepat, mereka akan mengumpulkan satu atau dua sampel. Ada 43 tabung sampel di atas Perseverance dan hingga delapan di antaranya akan diisi dengan pecahan batu dan debu Mars saat penjelajahan pertama.

Setelah penjelajahan pertama, Perseverance akan melakukan perjalanan ke utara dan kemudian ke barat menuju lokasi untuk kampanye kedua di wilayah delta Jezero di mana sebuah sungai dan danau kuno bergabung di dalam kawah. Dari sana, para ilmuwan berharap dapat menemukan mineral yang dapat melestarikan fosil kehidupan purba yang dapat dikaitkan dengan proses biologis.



Simak Video "Perseverance NASA yang Siap Panen Sampel Batuan di Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/asj)