Rover China Sukses Mendarat di Mars, NASA Turut Bangga

Rover China Sukses Mendarat di Mars, NASA Turut Bangga

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 15 Mei 2021 11:25 WIB
Visitors pass by an exhibition depicting rovers on Mars in Beijing on Friday, May 14, 2021. China says its Mars probe and accompanying rover are to land on the red planet sometime between early Saturday morning and Wednesday Beijing time. (AP Photo/Ng Han Guan)
Rover China Sukses Mendarat di Mars, NASA Ikut Ucapkan Selamat Foto: AP/Ng Han Guan
Jakarta -

Robot penjelajah atau rover Zhurong milik China berhasil mendarat di Mars. NASA yang telah beberapa kali mendaratkan rover di Mars pun turut memberikan ucapan selamat.

Associate Administrator Science Mission Directorate NASA Thomas Zurbuchen menyampaikan ucapan selamatnya lewat Twitter. Cuitan ini kemudian di-retweet oleh akun resmi NASA dan beberapa lembaga di bawahnya.

"Selamat kepada tim #Tianwen1 CNSA atas pendaratan sukses rover penjelajah Mars pertama China, #Zhurong!" tulis Zurbuchen dalam cuitannya, seperti dikutip dari Twitter, Sabtu (15/5/2021).

"Bersama dengan komunitas global, saya menantikan kontribusi penting yang akan diberikan misi ini bagi pemahaman umat manusia tentang Planet Merah," sambungnya.

Presiden China Xi Jinping juga mengirimkan ucapan selamat untuk tim Tianwen-1 yang disampaikan lewat Xinhua, media corong pemerintah China.

"Atas nama Komite Sentral Partai Komunis China (CPC), Dewan Negara dan Komisi Militer Sentral (CMC), Xi, yang juga sekretaris jenderal Komite Sentral CPC dan chairman CMC, menyampaikan ucapan selamat dan salam yang tulus kepada semua anggota yang telah berpartisipasi dalam misi eksplorasi Mars, Tianwen-1, dalam pesan ucapan selamat," kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua.

Pencapaian ini menasbihkan China menjadi negara ketiga yang berhasil mendarat rover di Mars, di mana sebelumnya sudah lebih dulu dilakukan Amerika Serikat dan Uni Soviet. Negeri Tirai Bambu juga menjadi negara kedua yang berhasil mendaratkan rover di Mars setelah AS.

Seperti diketahui, NASA belum lama ini telah mendaratkan rover Perseverance di permukaan Mars pada bulan Februari. Saat ini, rover tersebut telah memulai misinya untuk mencari tanda kehidupan kuno di Planet Merah.

Sejauh ini NASA telah mendaratkan lima rover di Mars, yaitu Sojourner, Opportunity, Spirit, Curiosity dan Perseverance. Kendati begitu hanya Curiosity dan Perseverance yang masih aktif menjalankan misinya, sedangkan tiga rover lainnya telah menyelesaikan misinya yang pada akhirnya kehilangan kontak sekarang.

Rover Zhurong dibawa ke Mars oleh misi Tianwen-1 yang tiba pada Februari 2021. Tidak seperti Perseverance yang langsung mendarat begitu sampai di Mars, Zhurong menghabiskan waktu tiga bulan di orbit Mars untuk mensurvei titik pendaratannya.

Zhurong mengalami proses pendaratan yang mirip seperti 'teror tujuh menit' yang dihadapi rover milik NASA. Setelah mendarat, rover ini akan mengerahkan enam instrumen sainsnya untuk melakukan sejumlah eksperimen di permukaan Mars.



Simak Video "Rover Zhurong dari China Lalui 100 Hari di Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)