Test Ini Ramal Kemungkinan Kamu Jadi Orang Kaya

Test Ini Ramal Kemungkinan Kamu Jadi Orang Kaya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 07:45 WIB
Indonesian Rupiah - official currency of Indonesia
Ilustrasi orang kaya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Yoyochow23
Jakarta -

Sejumlah psikolog melakukan penelitian yang menyertakan lebih dari 5.000 peserta selama sembilan tahun. Ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana suatu sikap mempengaruhi kekayaan dan kesuksesan seseorang.

Untuk menjalankan penelitian ini, psikolog meminta responden untuk menentukan sikap terhadap tiga pernyataan di bawah ini:

  • Beberapa orang mengembara tanpa tujuan sepanjang hidup, tetapi saya bukan salah satu dari mereka
  • Saya menjalani hidup hari ini dan tidak terlalu memikirkan masa depan
  • Terkadang saya merasa seolah-olah saya telah melakukan semua yang harus dilakukan dalam hidup

Orang yang sangat setuju dengan pernyataan satu dan sangat tidak setuju dengan dua lainnya dianggap memiliki tujuan yang tinggi. Para peserta juga menjawab pertanyaan tentang kepribadian, kepuasan hidup, pendapatan, dan kekayaan mereka.

Hasilnya? Jelas bahwa mereka yang memiliki tujuan yang lebih tinggi memiliki pendapatan dan kekayaan yang lebih tinggi, dikutip dari Inc.

Selama beberapa tahun berikutnya, para peneliti pun melakukan cek ke sebanyak mungkin peserta. Orang yang memiliki tujuan didapati lebih kaya dari peserta yang lain. Orang-orang yang memiliki skala tujuan yang tinggi mengumpulkan tambahan finansial mencapai USD 20.857 selama penelitian.

"Peserta yang melaporkan rasa tujuan yang lebih tinggi memiliki tingkat pendapatan rumah tangga dan kekayaan bersih yang lebih tinggi pada awalnya, dan lebih mungkin untuk meningkatkan hasil keuangan ini selama sembilan tahun antara penilaian," tulis para penulis dalam sebuah makalah yang mereka terbitkan di Journal of Research in Personality.

Keuntungan finansial terkait kuatnya tujuan yang dimiliki tampaknya paling menguntungkan peserta yang lebih muda. Partisipan berusia 20-35 pada awal penelitian berhasil meningkatkan pendapatan dan kekayaan mereka lebih banyak. Mereka yang berusia 35 tahun ke atas pada awal penelitian tidak seberuntung itu. Mungkin alasannya adalah bahwa populasi yang lebih muda masih dalam proses menemukan dan memakukan apa pun tujuan mereka.

Bisa disimpulkan, orang-orang yang memiliki niat dan tujuan yang kuat dalam hidup biasanya lebih sukses secara finansial alias kaya dibandingkan yang lain.



Simak Video "Studi Covid-19 Berlangsung di China, WHO Minta Hasil Transparan "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)