Misteri Sekelompok Gajah Liar Mengembara di China

Misteri Sekelompok Gajah Liar Mengembara di China

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 11 Jun 2021 14:17 WIB
Gajah liar di China
Gajah liar mengembara di China dan jadi selebriti. Foto: CNN
China -

Sedikitnya selusin gajah liar jadi selebriti di China. Itu lantaran mereka berkelana ke berbagai area untuk alasan yang masih jadi misteri. Pergerakan mereka ditonton oleh jutaan pemirsa secara online.

Keluarga gajah itu yang jumlahnya sekarang 15 ekor, telah bepergian lebih dari 500 kilometer di area barat China. Mereka mulai mengembara setelah meninggalkan tempat konservasi mereka pada tahun silam.

Kawanan gajah ini melintasi pertanian, rumah penduduk sampai perkotaan. Mereka banyak makan dan menimbulkan kerusakan senilai lebih dari USD 1 juta. Namun warga tidak mengganggu mereka karena gajah dilindungi. Bahkan mereka juga dikawal oleh polisi.

Bahkan ada tiga gajah kecil yang jadi bintang di kawanan itu, menjadi favorit netizen karena menggemaskan. Salah satunya lahir ketika mereka dalam perjalanan.

Minggu ini, tayangan tentang aksi gajah itu ditonton 8 juta orang, memperlihatkan kawanan itu tertidur di dekat kota Kunming, Provinsi Yunnan. Terkadang agar mereka tidak masuk kota, gajah tersebut dipancing dengan makanan supaya menjauh.

Dikutip detikINET dari CNN, Jumat (11/6/2021) belum diketahui kenapa para gajah ini melakukan perjalanan sejauh itu. Ada yang menganggap kerusakan hutan di habitat mereka memicu perjalanan ini, ada juga yang berkata mereka sebenarnya tersesat.

Pakar biologi berpendapat kepergian gajah itu bisa jadi berhubungan dengan kerusakan tempat tinggalnya. Jika benar, hal ini cukup mengkhawatirkan karena gajah Asia yang dilindungi ini jumlahnya makin kecil, tersisa 300 ekor di alam liar Yunnan.

Dalam beberapa dekade terakhir, perluasan lahan pertanian membuat habitat gajah kian terbatas. Terkadang gajah itu mencari makanan di area pertanian dan berkonflik dengan manusia. Pakar pun menyarankan perlindungan kepada mereka makin diperketat.



Simak Video "Momen Langka! Sekawanan Gajah Tidur Bersama di Tengah Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)