Lagi, Lubang Raksasa Ancam Telan Rumah Penduduk

Lagi, Lubang Raksasa Ancam Telan Rumah Penduduk

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 03 Jun 2021 08:45 WIB
Jakarta -

Kemunculan sinkhole atau lubang raksasa kembali mengancam pemukiman penduduk. Kali ini, muncul sinkhole yang mengancam keselamatan penduduk sebuah pedesaan di Meksiko.

Lubang tersebut terus melebar hingga puluhan meter setiap hari dan siap 'menelan' rumah penduduk. Salah satu keluarga, yakni keluarga Sanchez mengaku mendengar suara benturan keras pekan lalu. Awalnya mereka mengira itu adalah suara petir.

Namun alangkah kagetnya, rupanya suara tersebut berasal dari reruntuhan. Mereka menemukan sebongkah besar tanah runtuh hanya beberapa meter dari rumah mereka di sebuah lapangan di Santa Maria Zacatepec di negara bagian Puebla.

Dikutip dari Phys, lubang yang penuh dengan air itu awalnya lebarnya 'hanya' sekitar 30 meter. Lalu beberapa hari kemudian, sinkhole melebar dengan cepat menjadi 80 meter.

"Kami tidak punya apa-apa. Kami bukan asli sini. Kami tidak punya kerabat. Kami sendirian," kata Heriberto Sanchez yang berasal dari negara bagian Veracruz, menyatakan kekhawatirannya kehilangan tempat tinggal.

Para ahli dan pihak berwenang sedang menyelidiki dugaan, antara lain kesalahan geologis atau variasi kandungan air tanah sebagai kemungkinan penyebab sinkhole ini.

Saat sinkhole membesar, bongkahan besar tanah terus-menerus terlepas dari tepinya sehingga semakin menakut-nakuti penduduk. Dalam sebuah video yang diposting di media sosial, tampak dua pria terlihat mendekati lubang sesaat sebelum melebar tiba-tiba sehingga memaksa mereka berlari ke tempat yang aman.

"Lubang itu akan terus tumbuh dan berhenti dengan sendirinya sampai alam memutuskan, ketika air berhenti memberikan tekanan. Yang penting sekarang adalah keselamatan penduduk," kata gubernur negara bagian Puebla, Miguel Barbosa, seraya menambahkan bahwa pihak berwenang akan memberikan kompensasi kepada warga terdampak.

Sinkhole awalnya didefinisikan sebagai kejadian depresi atau turunnya permukaan tanah secara alami dan berbentuk bulatan pada daerah karst atau berkapur. Dalam perkembangannya, definisi sinkhole kemudian menjadi lebih luas. Setiap kejadian runtuhnya permukaan tanah bukan hanya di daerah karst dan kejadian alami, tapi juga akibat ulah manusia dengan beragam bentuk, dipahami sebagai sinkhole.

Fenomena tanah ambles ini kerap terjadi di daerah karst atau bukit berkapur akibat adanya pelarutan dari kapur secara alami atau akibat hujan asam. Laju pelarutan ini sangat lambat (beberapa milimeter selama ribuan tahun). Sejumlah pakar mengatakan, sinkhole akan terbentuk secara natural seiring waktu, namun peristiwa seperti gempa Bumi dapat mempersingkat waktunya.

Selain kerap terjadi di daerah karst, sinkhole juga bisa terjadi karena turunnya tanah secara perlahan akibat kehilangan lapisan bawah-permukaan oleh gravitasi. Erosi lapisan sedimen atau perubahan struktur tanah juga bisa menyebabkan tanah ambles. Tipe sinkhole yang terakhir sangat berbahaya sebab kejadiannya bisa cepat dan tak terduga. Selain itu, yang membahayakan adalah, seringkali sinkhole muncul di bawah atau dekat dengan rumah penduduk sehingga penghuninya harus segera dievakuasi.

(rns/rns)