Misteri Ratusan Lubang Raksasa Muncul Mendadak

Misteri Ratusan Lubang Raksasa Muncul Mendadak

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 13:42 WIB
Sinkhole di Kroasia
Salah satu lubang raksasa di Kroasia. Foto: Associated Press
Jakarta -

Lebih dari seratus sinkhole atau lubang raksasa yang menganga sampai ke dalam tanah mendadak muncul di Kroasia dalam waktu yang tak terpaut jauh. Fenomena ini membingungkan ilmuwan yang kemudian menggelar penelitian.

Munculnya sangat banyak sinkhole dalam waktu berurutan itu dimulai setelah dua gempa besar melanda Kroasia tengah pada Desember 2020 silam. Ilmuwan meyakini ada peristiwa geologi di balik munculnya sinkhole tersebut, akan tetapi cepatnya sinkhole muncul membuat mereka akan intensif menginvestigasinya.

"Pakar mengatakan sinkhole ini akan terbentuk secara natural seiring waktu, namun gempa Bumi menjadi semacam katalis yang mempercepat proses keseluruhan," kata seorang warga, Nenad Tomasevic, yang dikutip detikINET dari Yahoo News, Selasa (16/3/2021).

Biasanya dibutuhkan waktu dekade sampai abad bagi sinkhole terbentuk di tanah yang kaya batu kapur. Akan tetapi adanya gempa Bumi besar mempersingkat waktunya. Masalahnya, terkadang sinkhole muncul di bawah atau dekat dengan rumah penduduk sehingga penghuninya harus dievakuasi.

Di Kroasia, beberapa lubang raksasa yang muncul sampai 30 meter lebarnya dan beberapa punya kedalaman sampai 15 meter. Ilmuwan setempat bersama ahli dari Italia dan Slovenia ingin mengungkap akar permasalahannya, terutama bagaimana gempa Bumi dan fenomena geologi lain menjadi pemicunya.

"Kami merencanakan beberapa metode eksplorasi di sini. Kami telah melakukan beberapa profil geofisika, seismik dan juga kelistrikan. Kami akan memindai sikhole yang terbesar untuk memetakan morfologi air di kedalamannya," kata salah seorang ilmuwan, Josip Terzic.

Kebanyakan sinkhole muncul di Kota Petrinja yang membuat warga merasa cemas. Ratusan lubang raksasa itu muncul setelah terjadinya gempa magnitude 6,4 yang membunuh 7 warga di sana.



Simak Video "Lubang Raksasa di Meksiko Meluas, Mulai 'Telan' Rumah Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)