Bahasa Alien Bakal Seperti Apa?

Bahasa Alien Bakal Seperti Apa?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 27 Mei 2021 22:37 WIB
Alien di Bukit Buddha
Ilustrasi alien berkomunikasi. Foto: (CNN Travel)
Jakarta -

Proyek seperti SETI dan Breakthrough Listen didedikasikan untuk menemukan sinyal yang mungkin dikirim makhluk luar angkasa ke alam semesta. Tapi kalau sudah ada pesan dari alien yang berhasil masuk dan diterima, apakah manusia dapat memahaminya?

Topik ini kemudian mendorong adanya pertemuan ahli bahasa yang berlangsung di Los Angeles, California pada tahun 2018. Acara ini diselenggarakan oleh METI (Messaging Extraterrestrial Intelligence) dan diadakan pada 26 Mei sebagai bagian dari International Space Development Conference (ISDC) oleh National Space Society.

Mengutip Astronomy, ilmuwan Douglas Vakoch pernah mengatakan bahwa ada semacam 'tata bahasa universal' yang menghubungkan bahasa kita, tidak peduli seberapa bervariasinya hal itu.

"Chomsky sering mengatakan bahwa jika seorang Mars mengunjungi Bumi, ia akan mengira kita semua berbicara dengan beragam dialek untuk bahasa yang sama, karena semua bahasa terestrial memiliki struktur dasar yang sama," kata Douglas Vakoch, presiden METI.

"Tetapi jika alien memiliki bahasa, apakah itu akan serupa dengan bahasa kita? Itu pertanyaan besarnya," sambungnya.

Ahli bahasa Bridget Samuels dari University of Southern California dan Jeffrey Punske dari Southern Illinois University juga berpendapat dalam presentasi terpisah bahwa beberapa faktor universal yang mendasari bahasa mungkin dapat menjembatani kesenjangan besar dalam lingkungan alien.

"Seluruh alam semesta tunduk pada hukum fisika yang sama. Misalnya, tidak banyak cara sinyal dapat dikirim, terutama dalam jarak yang jauh," jelasnya kepada CNET, Kamis (27/5/2021).

"Juga, kita dapat berharap bahwa bahasa luar angkasa memiliki kosakata yang terdiri dari blok makna yang dapat digabungkan untuk menciptakan makna yang lebih kompleks," pendapatnya.

Jadi seperti apa bahasa yang dipakai oleh alien? Ya... belum ada yang tahu pasti -- karena alien sendiri belum ditemukan -- kita hanya bisa melakukan perkiraan.

Mungkin saja alien akan berbicara dengan normal, dengan kata lain dengan pengucapan yang jelas dan kata-kata penuh arti seperti bahasa yang kita gunakan di dunia: Bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, Belanda dan lain sebagainya.

Tapi bisa jadi alien akan memanfaatkan bahasa lain seperti dengan decakan, siulan, atau mungkin berdesis. Tidak menutup kemungkinan bahasa alien akan sedikit berbeda dengan yang dipakai oleh manusia Bumi.



Simak Video "Ilmuwan Perkirakan Alien Bisa Temukan Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)