Panduan Menyaksikan Gerhana Bulan Total

Panduan Menyaksikan Gerhana Bulan Total

Siti Fatimah - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 15:00 WIB
Foto kombo gerhana bulan parsial terlihat di Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (17/7/2019). Fenomena gerhana bulan setengah tersebut hanya terlihat hingga pukul 04.00 WIB karena sebagian langit tertutup awan di kota itu. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.
Fase gerhana Bulan. Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Bandung -

Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 atau super blood moon akan dapat dilihat di Indonesia. Di Bandung, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan melakukan pengamatan Gerhana Bulan Total di Lereng Anteng Dago Bakery Punclut, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Berdasarkan pengamatan sementara, BMKG menyebutkan masyarakat dapat melihat fenomena langka ini dengan mata telanjang tanpa membutuhkan alat lainnya.

"Masyarakat dapat menyaksikan GBT dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana," kata Kepala Stageof Bandung Teguh Rahayu dalam keterangannya, Rabu (26/5/2021).

Lebih lanjut, tim Stageof Bandung akan melakukan pengamatan pada pukul 15.00 WIB sampai 21.00 WIB dengan menggunakan teropong Vixen Sphinx ED80SF. Pihaknya pun memberikan kesempatan pada masyarakat yang berada di sekitar lokasi untuk menyaksikan proses gerhana bersama-sama.

"Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan (menjaga jarak dan memakai masker), serta (gerhana) dapat disaksikan secara live streaming melalui laman resmi BMKG," sambungnya.

Selain itu, dia mengatakan, seluruh proses gerhana Bulan yang terjadi sejak fase awal hingga fase akhir akan berlangsung selama 5 jam 5 menit dan 2 detik. Sedangkan proses gerhana total yang terjadi sejak awal fase total, puncak total hingga akhir fase total akan berlangsung selama 18 menit 44 detik.

Di Jawa Barat, fase awal Gerhana Bulan dan fase Gerhana Bulan Sebagian tidak dapat diamati. Baru dapat diamati pada fase awal Gerhana Bulan Total pukul 18.09 WIB, berlanjut pada fase Puncak Gerhana Bulan pukul 18.18 WIB.

Kemudian untuk fase Gerhana Bulan Total Berakhir pukul 18.28 WIB dan fase Gerhana Bulan Sebagian Berakhir pukul 19.52 WIB serta fase Gerhana Bulan Berakhir pukul 20.51 WIB.

"Berdasarkan data Fase Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021, maka Gerhana Bulan Total ini dapat disaksikan di Lereng Anteng Dago Bakery Punclut Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada fase awal gerhana bulan total (U2) hingga fase akhir gerhana bulan (P4) jika kondisi cuaca cerah-berawan," jelas Teguh.

Sementara itu, kondisi cuaca esok hari diprakirakan berawan pada siang hingga sore hari dengan peluang terjadinya hujan pada pukul 15.00-18.00 WIB. Pada malam harinya diprakirakan cuaca cerah berawan.

Prakiraan suhu udara berkisar antara 20 derajat hingga 27,2 derajat dan arah angin umumnya barat-timur dengan kecepatan 5 - 26 km/jam. Dalam kegiatan pengamatan GBT, Tim Stasiun Geofisika Bandung dipimpin langsung oleh Kepala Stasiun Geofisika Bandung.



Simak Video "Pemantauan Gerhana Bulan Total di Pantai Ancol"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)